Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mudik Dilarang, E-commerce Banjir Pesanan Hampers dan Parsel

Rabu, 12 Mei 2021 | 12:55 WIB
mudik-dilarang-e-commerce-banjir-pesanan-hampers-dan-parsel
Ilustrasi Hamper Lebaran (Sumber: DBS Bank Via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Penjualan parsel dan hampers meningkat pesat pada Ramadan kali ini di 2 e-commerce besar di Indonesia. Yaitu Shopee dan Tokopedia.

Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, lebih dari 130 juta produk UMKM terjual selama Peak Day Big Ramadan Sale 2021.

“Dalam menyambut bulan Ramadan di masa pandemi ini, kita masih belum dapat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Sehingga muncul tren baru untuk mengirimkan mereka hampers dan sovenir sebagai tanda ucapan selamat. Sehingga, hamper dan sovenir menjadi kategori produk UMKM favorit,” kata Handhika seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (12/05/2021).

Baca Juga: Pengiriman Hampers Lebaran Naik 2 Kali Lipat, PT Pos Indonesia Larang Pegawainya Cuti

Begitu juga dengan Tokopedia. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, hampers makanan, perlengkapan ibadah dan jilbab adalah produk yang penjualannya naik signifikan dibanding tahun lalu.

“Penjualan subkategori Jilbab, misalnya, meningkat hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, transaksi subkategori Perlengkapan Ibadah meningkat lebih dari 2 kali lipat. Sedangkan transaksi subkategori Parsel Makanan melonjak hampir 5 kali lipat,” ungkapnya.

Sejumlah langkah pun disiapkan untuk mengantisipasi melonjaknya pesanan jelang libur Lebaran.

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Ardhito Pramono - Di Senayan

Sabtu, 19 Juni 2021 | 00:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:48
ANGGOTA KOMISI I DPR SUKAMTA MINTA PEMERINTAH HENTIKAN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN AFILIASI JUNTA MILITER MYANMAR   PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JENJANG PAUD DAN SD MULAI DIBUKA SENIN, 21 JUNI 2021   â€œROAD BIKE” DILARANG MELINTAS DI JALAN LAYANG NONTOL (JLNT) KAMPUNG MELAYU-TANAH ABANG MULAI MINGGU, 20 JUNI 2021   KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA TETAPKAN 21 PAROKI YANG DIPERTIMBANGKAN SEBAGAI ZONA MERAH DAN ZONA ORANYE COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA MINTA PAROKI DI ZONA MERAH HENTIKAN MISA “OFFLINE” ATAU TATAP MUKA   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RUTAN KPK KEMBALI MEMBERLAKUKAN KUNJUNGAN DARING MULAI 18 JUNI 2021   MENSOS TRI RISMAHARINI SARANKAN 11.000 PEKERJA MIGRAN ASAL SULBAR YANG DATANG DARI MALAYSIA LANGSUNG DIPULANGKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN SELURUH KEGIATAN DI JAKARTA HARUS TUTUP PUKUL 21.00 WIB   SIDAK MALAM KE KAWASAN KEMANG, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: KITA TEMUKAN PENGELOLA TAK BERTANGGUNG JAWAB   BARU BUKA SATU HARI, TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN TELAH MENERIMA 662 PASIEN COVID-19   PERHIMPUNAN DOKTER PARU: JIKA PPKM SKALA BESAR TAK DILAKUKAN, FASILITAS KESEHATAN BISA KOLAPS   WISMA ATLET KEMAYORAN HANYA MENERIMA PASIEN COVID-19 YANG BERGEJALA DENGAN KOMORBID ATAU PENYAKIT PENYERTA    DINKES KOTA BEKASI: PESERTA VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, DINKES KOTA BEKASI TAMBAH SATU AULA ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA