Kompas TV nasional berita utama

Kemenkes Bayar Tunggakan Insentif Bagi 1.613 Sukarelawan Covid-19

Rabu, 12 Mei 2021 | 10:33 WIB
kemenkes-bayar-tunggakan-insentif-bagi-1-613-sukarelawan-covid-19
Belasan tenaga kesehatan di RSUD dr. Pirngadi berunjuk rasa dengan membawa poster berkeliling rumah sakit menggunakan alat pelindung diri. Mereka menuntut pembayaran insentif Covid-19 yang belum diterimanya sejak bulan Mei 2020. (Sumber: istimewa via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan menyelesaikan pembayaran tunggakan insentif Desember 2020 bagi sukarelawan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebesar Rp11,8 miliar. Tunggakan yang dibayarkan merupakan peruntukan bagi 1.613 tenaga sukarelawan pada 6 hingga 10 Mei 2021.

Untuk tahun 2021, Kementerian telah membayar insentif bulan Januari hingga Maret dengan cara transfer mandiri ke rekening tenaga kesehatan. Sedangkan insentif untuk bulan April, masih ditagihkan atau dalam proses pengajuan surat perintah membayar (SPM).

“Teman-teman RSDC (Rumah Sakit Darurat Covid-19--red) juga sudah tepat waktu mengajukan untuk Januari, Februari, dan Maret. Pembayarannya dibayarkan langsung ke para tenaga kesehatan,” kata Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Kirana Pritasari, dikutip dari laman setkab.go.id, Rabu (12/05/2021).

Baca Juga: Surat Tes Swab Antigen Dipalsukan dan Dijual, Oknum Tenaga Kesehatan Raup Jutaan Rupiah

Meski demikian, Kirana mengatakan Kementerian masih berupaya mempercepat pembayaran tunggakan insentif tahun 2020 kepada seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas layanan kesehatan.

 “Kami masih memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan data untuk direviu BPKP sebesar Rp382 miliar. Sebagian datanya sudah diproses oleh BPKP, sehingga 1- 2 hari pascalibur kami harapkan sudah disetujui BPKP sehingga kami proses pembayarannya,” ujarnya.

Baca Juga: Jadi Relawan, Mantan Menkes Siti Fadilah Tidak Tahu Vaksin Nusantara Dikembangkan di Luar Negeri

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:37
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   TIMNAS INGGRIS AKAN JUMPA KROASIA DI LAGA PERDANA GRUP D PIALA EROPA 2020 MALAM INI   PARLEMEN ISRAEL, KNESSET, GELAR PEMUNGUTAN SUARA UNTUK SAHKAN PEMERINTAHAN ISRAEL   TIONGKOK SIAPKAN PERLINDUNGAN KETAT SETELAH KAWANAN GAJAH PENGEMBARA KEMBALI TERLIHAT DI SUAKA PROVINSI YUNNAN   PRODUSEN OTOMOTIF ASAL JERMAN VOLKSWAGEN LAPORKAN ADANYA PENCURIAN 3 JUTA DATA PRIBADI KONSUMENNYA   RUSIA UJI COBA VAKSIN COVID-19 VERSI SEMPROTAN HIDUNG YANG RAMAH UNTUK ANAK-ANAK USIA 8-12 TAHUN   PEMERINTAH SINGAPURA AKAN CABUT “LOCKDOWN” PARSIAL SECARA BERTAHAP MULAI BESOK SENIN, 14 JUNI 2021   BIKE TO WORK INDONESIA USUL PENGGUNAAN JLNT SEBAGAI LINTASAN “ROAD BIKE” DIATUR PERGUB AGAR PUNYA DASAR HUKUM JELAS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: DKI JAKARTA PALING TRANSPARAN SOAL PENANGANAN KASUS PENYEBARAN VIRUS KORONA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO: SEBANYAK 62 DARI 72 SAMPEL COVID-19 DI KUDUS, JAWA TENGAH, TERPAPAR VARIAN BARU ASAL INDIA   KASUS POSITIF MELONJAK SIGNIFIKAN, PEMPROV JABAR TAMBAH RASIO TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 HINGGA 40 PERSEN   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 DI INDONESIA HARI INI: SEBANYAK 9.869 POSITIF, 4.655 SEMBUH, DAN 149 MENINGGAL DUNIA   KEMENTERIAN ESDM SEBUT PROSPEK TAMBANG EMAS DI SANGIHE SELUAS 4.500 HEKTAR   POLRI KIRIM TIM FORENSIK UNTUK MENGOTOPSI JENAZAH WAKIL BUPATI SANGIHE HELMUD HONTONG