Kompas TV regional berita daerah

Jawa Tengah Bebas Zona Merah Corona per 9 Mei 2021

Rabu, 12 Mei 2021 | 09:23 WIB
jawa-tengah-bebas-zona-merah-corona-per-9-mei-2021
Pemudik menjalani tes cepat antigen di Puskesmas Karangsembung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (2/5/2021) (Sumber: Dok. Polres Kebumen)

JAWA TENGAH, KOMPAS.TV- Jawa Tengah kembali bebas dari zona merah corona per 9 Mei 2021. Meskipun demikian, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap harus diterapkan secara disiplin karena banyak daerah di Jawa Tengah masih berada di zona oranye.

Di Jawa Tengah, per 2 Mei 2021 masih ada dua daerah yang berstatus zona merah corona, yakni Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang. Namun, kini, sudah tidak ada lagi daerah berstatus zona merah corona di Jawa Tengah.

Sementara, di Pulau Jawa, tersisa satu daerah yang berstatus zona merah corona, yakni Majalengka, Jawa Barat.

Baca Juga: Jawa Barat dan Jawa Tengah Kembali Masuk Zona Merah Corona

Zona merah corona adalah daerah berisiko tinggi penularan virus corona penyebab Covid-19. Satgas Covid-19 memperbarui tiap pekan data zona penularan virus corona, dari zona merah, zona hijau, dan zona oranye.

Berdasarkan laman Covid-19.go.id, per 9 Mei 2021 terdapat 12 daerah yang masih berstatus zona merah corona. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang berjumlah 14 kabupaten dan kota atau pada 27 April 2021 yang mencatat 19 daerah berstatus zona merah corona.

Penurunan jumlah daerah yang masuk ke zona merah karena tren penambahan kasus Covid-19 kembali melandai. Data BNPB per 10 Mei 2021 mencatat tambahan 4.891 kasus baru Covid-19 sehingga total menjadi 1.718.575 kasus positif Covid-19.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:25
WHO SEBUT VARIAN VIRUS COVID-19 ASAL INDIA DITEMUKAN DI 44 NEGARA   WHO: TREN KASUS POSITIF COVID-19 DI BEBERAPA NEGARA MASIH TINGGI   KETUM PSSI MOCHAMAD IRIAWAN MENGATAKAN PIHAKNYA TELAH LAKSANAKAN PEMBERIAN THR KE SELURUH PEMAIN TIMNAS INDONESIA   MENPORA ZAINUDIN AMALI PASTIKAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) PAPUA AKAN TETAP BERJALAN   BADAN KEAMANAN LAUT (BAKAMLA) RI JEMPUT 8 NELAYAN YANG TELAH DIBEBASKAN DI MALAYSIA   TENTARA MALAYSIA BEBASKAN 8 NELAYAN INDONESIA YANG DITANGKAP   KASUS KREDIT FIKTIF RP 8,7 MILIAR, MANTAN KEPALA CABANG BANK BJB TANGERANG DITUNTUT 6 TAHUN PENJARA   WAKIL KETUA KOMISI III DPR PANGERAN KHAIRUL SALEH MINTA 75 PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TWK TAK DIBERHENTIKAN   KPK KOORDINASI DENGAN BKN DAN KEMENPAN RB PERIHAL 75 PEGAWAI KPK YANG DIBEBASTUGASKAN   SEBANYAK 23.752 WARGA DI KOTA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, SUDAH DIVAKSIN COVID-19   BANDARA I GUSTI NGURAH RAI CATAT TELAH LAYANI 5.294 PENUMPANG NON-MUDIK RUTE DOMESTIK SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   KETUA DPR RI PUAN MAHARANI AKAN TINJAU PELAKSANAAN LARANGAN MUDIK DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   DISHUB DKI JAKARTA BATASI OPERASIONAL SELURUH TRANSPORTASI SAAT LIBUR LEBARAN   KASUS COVID-19 MASIH TINGGI, MASJID ISTIQLAL BATAL GELAR SHALAT IDUL FITRI 1442 HIJRIAH