Kompas TV nasional berita utama

Pemerintah Imbau Salat Idul Fitri Dilakukan di Ruang Terbuka Untuk Zona Kuning dan Hijau

Rabu, 12 Mei 2021 | 07:40 WIB
pemerintah-imbau-salat-idul-fitri-dilakukan-di-ruang-terbuka-untuk-zona-kuning-dan-hijau
Presiden Jokowi melaksanakan Salat Idul Adha di halaman Wisma Bayurini, Istana Bogor, Jumat (31/7/2020). (Sumber: Sekretariat Kepresidenan)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau salat Idul Fitri berjemaah dilakukan di ruangan terbuka. Selain itu, salat Idulfitri berjemaah hanya boleh dilakukan pada wilayah RT yang memiliki zona kuning atau hijau.

“Jika melaksanakan salat berjemaah maka perlu menerapkan praktik kesehatan ketat, yaitu dihadiri tidak lebih dari 50% kapasitas tempat pelaksanaan salat,” ucap Wiku seusai Rapat Terbatas bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Sikapi Perlawanan Calon Pemudik, Satgas: Kepolisian Harus Menjalankan Tugas Sesuai Kebijakan

“Menyediakan alat pengecek suhu bagi jemaah salat, tidak diikuti lansia, orang sakit atau baru sembuh, atau dari perjalanan. Memakai masker sepanjang rangkaian salat,” tambahnya.

Dalam pernyataannya, Wiku juga mengimbau khutbah dipersingkat maksimal 20 menit dengan menggunakan pembatas transparan yang menghalangi khotib dan Jemaah.

“Dan menghindari berjabat tangan dan bersentuhan fisik. Begitu pula yang harus diperhatikan setelah salat Ied dilaksanakan, yaitu hanya melakukan silaturahmi virtual dan tidak melakukan kegiatan open house atau halal bihalal di lingkungan kantor atau komunitas,” tegas Wiku.

Baca Juga: Perayaan Idul Fitri Masih Pandemi Covid-19, Ini Pedoman Agar Terhindar Virus Corona

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:27
KEMENHUB AKAN BUAT KEBIJAKAN UNTUK TERUS DORONG PENINGKATAN PERGERAKAN PESAWAT DI TENGAH PANDEMI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERGERAKAN PESAWAT DI INDONESIA TAHUN KEDUA PANDEMI COVID-19 SEMAKIN MEMBAIK   ANGGOTA KOMISI XI DPR MISBAKHUN TAK SETUJU SOAL RENCANA PENGENAAN PPN SEMBAKO DAN JASA PENDIDIKAN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: PERSIAPAN PEMBUKAAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA SUDAH 90 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN PEMBUKAAN "TRAVEL CORRIDOR ARRANGEMENT" DAPAT TEREALISASI PADA JULI 2021   DINKES SEBUT KASUS AKTIF COVID-19 DI KABUPATEN BEKASI SAAT INI MENCAPAI 750 ORANG   KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERTINGGI DI TANGERANG SELATAN   DINKES: ADA 359 PASIEN COVID-19 DI TANGERANG SELATAN YANG SAAT INI MASIH MENJALANI ISOLASI MANDIRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.885: 4.053 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 628 DALAM PERAWATAN   ANGGOTA KOMISI XI DPR ANIS BYARWATI: WACANA PEMERINTAH YANG AKAN KENAKAN PPN SEMBAKO TAK LOGIS DI MASA PANDEMI   NOVEL BASWEDAN AKUI SUDAH PERNAH MEMINTA HASIL TWK KPK, TETAPI TAK PERNAH DIBERIKAN DENGAN ALASAN RAHASIA   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT TWK JADI CARA PAMUNGKAS HABISI PEMBERANTASAN KORUPSI DI KPK   KEMENANG MENYATAKAN AKAN FOKUS UNTUK LOBI KUOTA DAN MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN HAJI TAHUN DEPAN   GABUNGAN PERUSAHAAN HAJI DAN UMRAH NUSANTARA BERHARAP ARAB SAUDI BUKA IBADAH HAJI PADA SEPTEMBER 2022