Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gojek Investasi di Lippo Group Lewat Pembelian Saham Hypermart

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 06:00 WIB
gojek-investasi-di-lippo-group-lewat-pembelian-saham-hypermart
Ilustrasi: Kantor Gojek Indonesia. (Sumber: Reska K. Nistanto/KOMPAS.com)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek membeli saham PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) sebanyak 4,76 persen atau setara dengan 358.530.900 saham. Dengan pembelian saham tersebut, Gojek telah berinvestasi di Lippo Group. 

MPPA adalah perusahaan yang mengelola Hypermart, HyFresh, Primo, Foodmart, Boston Health & Beauty, FMX, dan SmartClub di Indonesia.

Pembelian dilakukan lewat anak usaha Gojek, yaitu PT Pradipta Darpa Bangsa. Hal ini terungkap dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: Warga Jatim Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Pakai Gopay, Begini Caranya

Pengendali saham MPPA, PT Multipolar Tbk. (MLPL) menjelaskan, ada 11,9 persen saham MPPA yang dilepas ke 3 pembeli. Yaitu PT Pradipa Darpa Bangsa, Panbridge Investment Ltd., dan Threadmore Capital Ltd. 

Dari total saham yang dilepas tersebut, PT Pradipa Darpa Bangsa menjadi pembeli dengan porsi terbesar. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis.

Pemegang saham PT Pradipa Darpa Bangsa merupakan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang lebih dikenal sebagai Gojek, dengan porsi saham 99,996 persen. Sedangkan sisanya 0,004 persen dimiliki PT Dompet Karya Anak Bangsa alias Gopay.

Baca Juga: Anies Sebut Vaksinasi 30.000 Mitra Gojek Berperan Gerakkan Ekonomi Ibu Kota

Komisaris Utama PT Pradipa Darpa Bangsa dijabat oleh Co-CEO Gojek Andre Sulistyo, sementara kursi direktur utama diduduki Hans Patuwo.

Sedangkan Threadmore Capital Ltd. membeli saham MPPA sebanyak 3,81 persen atau setara dengan 286.824.700 saham. Threadmore Capital Ltd. merupakan perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands.

Sementara Panbridge Investment Ltd. membeli 3,33 persen saham MPPA atau setara dengan 250.971.600 saham. Sama seperti Threadmore Capital, Panbridge juga diketahui adalah perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands.

Baca Juga: Biaya Operasional Tinggi, Matahari Department Store Bakal Tutup 13 Gerai Unit Usaha Tahun Ini

Mengutip pemberitaan Kontan.co.id pada 19 Februari lalu, kedepannya MPPA akan terus membuka gerai-gerai baru dan merenovasi gerai yang sudah ada.

MPPA juga kan terus mengembangkan dan memperkuat layanan ritel online dengan melakukan langkah penyempurnaan sistem online yang dimiliki secara organik seperti Hypermat Online e-commerce dan Chat & Shop via Whatsapp.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x