Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sikat Narkoba, Kapolres Metro Jakarta Pusat Gunakan Pola Pre Emptive Strike

Rabu, 12 Mei 2021 | 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi, menjelaskan pola pre emptive strike yang digunakannya untuk memberantas jaringan narkoba.

Penjelasan tersebut disampaikan Hengki dalam konferensi pers yang digelar di hotel N1, Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Tangkap Sabu Jumlah Besar, Kapolda Apresiasi Kapolres Metro Jakarta Pusat

Menurut Hengki, pola pre emptive strike digunakan untuk mencegah narkotika sampai ke tingkat masyarakat, dengan begitu petugas bisa mencegah peredaran barang haram tersebut.

"Pengungkapan ini melalui penyelidikan yang cukup panjang. Bahwa sesuai dari arahan pimpinan, bahwa kami menggunakan pola pre emptive strike. Artinya kita harus mengungkap kasus ini di hulu sebelum sabu ini menyebar ke masyarakat. Kalau ini sudah menyebar maka akan susah pengungkapannya," ucap Hengki.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Rilis Tangkapan Sabu 310 Kilogram Diduga Berasal dari Iran

Hengki menambahkan, berdasarkan pengalaman Polisi, kasus peredaran narkoba turut mempengaruhi tingkat kejahatan jalanan yang terjadi selama bertahun-tahun.

"Kita paham dan kita tahu, berdasarkan pengalaman empiris, ini berpengaruh juga terhadap kejahatan-kejahatan jalanan dari narkoba ini. Pengalaman kami, bisa dianalogikan 9 dari 10 kasus kejahatan jalanan atau street crime. Apakah itu jambret, pencurian dengan kekerasan, itu pasti sebagian besar dalam pengaruh narkoba," pungkasnya.

Baca Juga: Kapolda: Sindikat Nigeria Menyuplai Narkoba ke Kampung Ambon dan Jakarta

Video Editor: Mukhammad Rengga

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Imam Dalam Keluarga

Senin, 14 Juni 2021 | 07:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:02
TOTAL ADA 26 ATLET INDONESIA DARI 8 CABANG OLAHRAGA YANG SUDAH DIPASTIKAN BERLAGA DI OLIMPIADE TOKYO   3 NAMA ATLET INDONESIA YANG AKAN MENGGUNAKAN "WILD CARD" OLIMPIADE TOKYO BELUM DITENTUKAN   INDONESIA DAPAT 3 KUOTA ATLET DARI DUA CABANG OLAHRAGA YANG AKAN BERLAGA DI OLIMPIADE TOKYO MELALUI JALUR "WILD CARD"   BELANDA MENANG TIPIS 3-2 SECARA DRAMATIS ATAS UKRAINA DALAM LAGA GRUP C EURO 2020   TIMNAS BRASIL MENANG 3-0 ATAS VENEZUELA PADA LAGA PEMBUKA COPA AMERICA   MENANG DI FRENCH OPEN 2021, NOVAK DJOKOVIC PUNYA 19 GELAR JUARA GRAND SLAM   PETENIS NOVAK DJOKOVIC JADI JUARA TUNGGAL PUTRA FRENCH OPEN 2021 SETELAH MENGALAHKAN STEFANOS TSITSIPAS   PETENIS CEKO, BARBORA KREJCIKOVA, RAIH 2 TITEL JUARA ATAU GELAR GANDA PADA FRENCH OPEN 2021   POLITIKUS SAYAP KANAN, NAFTALI BENNETT, RESMI JADI PM ISRAEL GANTIKAN BENJAMIN NETANYAHU   MENHAN PRABOWO SUBIANTO AKAN BERNEGOSIASI LANGSUNG DENGAN NEGARA PRODUSEN ANTISIPASI MAFIA ALUTSISTA   HARI INI, RIZIEQ SHIHAB JALANI SIDANG LANJUTAN PERKARA RS UMMI BOGOR DI PN JAKTIM   PEMKOT BOGOR HIBAHKAN LAHAN SELUAS 1.668 METER PERSEGI UNTUK PEMBANGUNAN GEREJA KRISTEN INDONESIA (GKI) YASMIN   PT PELABUHAN INDONESIA II LAKUKAN PENGAWASAN BERKELANJUTAN GUNA CEGAH PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN JUMLAH VAKSINASI COVID-19 DI JAKARTA MENCAPAI 3 JUTA ORANG PADA AKHIR JUNI 2021