Kompas TV regional agama

Hari Ini Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Lebaran: Salat Idulfitri Dilaksanakan di Masjid

Kompas.tv - 12 Mei 2021, 01:00 WIB
hari-ini-jamaah-tarekat-naqsabandiyah-sumbar-lebaran-salat-idulfitri-dilaksanakan-di-masjid
Papan nama Tareqat Naqsabandiyah dimana jemaah mereka di Sumatera Barat pada Rabu (12/5/2021) ini sudah merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H. (Sumber: Kompas.com/Firmansyah)
Penulis : Gading Persada

PADANG, KOMPAS.TV- Sebagian umat Islam di Indonesia pada hari ini, Rabu (12/5/2021) ternyata sudah ada yang merayakan Lebaran.

Berada di Sumatera Barat (Sumbar), Tarekat Naqsabandiyah sudah merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah lebih awal dibanding keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pad Kamis (13/5/2021).

“Pelaksanaan shalat Idul Fitri dilaksanakan besok (hari ini) di masjid," kata Sekretaris Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang Rayakan Lebaran di Hari Sabtu 23 Mei

Setidaknya ada sekitar 2.500 jamaah Naqsabandiyah yang tersebar di Sumbar. Mereka kemarin sudah menjalani hari terakhir puasa Ramadan 2021 dan mulai menggelar takbiran sejak semalam.

Menurut Edizon, Naqsabandiyah tidak menggunakan metode rukyat seperti yang dilakukan oleh pemerintah dalam menentukan dimulainya bulan puasa dan penetapan hari raya Idulfitri.

Jauh-jauh hari, kata dia, Naqsabandiyah sudah tahu hari pelaksanaan ibadah puasa dan penetapan Lebaran.

"Kami menggunakan metode penetapan melalui kalender munjid. Puasa kemarin ditetapkan lima hari lebih cepat dari puasa tahun sebelumnya," kata Edizon.

Baca Juga: Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini, Begini Penjelasan Imam Masjid

Ia menjelaskan, awal puasa tahun lalu jatuh pada hari Kamis sehingga puasa tahun ini jatuh pada Senin 12 April 2021.

"Kemudian untuk Lebaran ditetapkan setelah 30 hari puasa dan jatuh pada 12 Mei 2021 yaitu besok," jelas Edizon.

Sedangkan untuk Iduladha, lanjutnya, ditetapkan sesuai dengan hari awal puasa yaitu Senin sehingga jatuh pada 19 Juli 2021.

"Ada sekitar 2.500 jemaah tarekat Naqsyabandiyah yang ada di Sumbar mereka tersebar di Padang, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan lainnya," tutup Edizon seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jemaah Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Lebih Awal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x