Kompas TV nasional agama

Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021, Menag Gus Yaqut Berharap Idulfitri jadi Simbol Kebersamaan Umat Islam

Selasa, 11 Mei 2021 | 23:41 WIB
jatuh-pada-kamis-13-mei-2021-menag-gus-yaqut-berharap-idulfitri-jadi-simbol-kebersamaan-umat-islam
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memimpin sidang isbat penetapan 1 Syawal 1442 H. Idul Fitri diputuskan jatuh pada Kamis (13/4/2021). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kemenag RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Hal ini tak lain sebagai hasil dari sidang isbat yang berlangsung pada Selasa (11/5/2021) sore hingga jelang malam.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun berharap, hasil sidang isbat itu menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan ini adalah simbol cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia, kebersamaan yang mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa," kata Gus Yaqut (sapaan akrabnya) dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring dan luring usai sidang isbat, petang tadi.

Baca Juga: Sore Ini Menteri Agama Pimpin Sidang Isbat Penentuan Lebaran 2021, Simak Tahapannya

Gus Yaqut juga berharap, dengan hasil sidang ini seluruh umat Islam di Indonesia bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri secara serentak.

Adapun sebelumnya, ia mengatakan bahwa pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 Masehi jatuh pada Kamis lusa.

Penulis : Gading Persada | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:24
OTORITAS KESEHATAN INGGRIS (PHE) SEBUT VAKSIN PFIZER DAN ASTRAZENECA EFEKTIF CEGAH COVID-19 VARIAN INDIA   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC) SEBUT TARGET VAKSINASI ADALAH 80% SEBELUM OLIMPIADE TOKYO 2020 DIMULAI   BIN SEBUT RADIKALISME, SEPARATISME DI PAPUA, HINGGA SERANGAN SIBER JADI ANCAMAN NASIONAL   BADAN INTELIJEN NEGARA (BIN): 85% GENERASI MILENIAL DI INDONESIA RENTAN TERPAPAR RADIKALISME   PT PELINDO II: MASYARAKAT BISA LAPORKAN PUNGLI DI TANJUNG PRIOK DENGAN MENGHUBUNGI 08119511665   POLISI TANGKAP 3.823 ORANG YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR DAN PREMANISME DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA   PERINGATI HARI JADI KE-539 KOTA BOGOR, PERUM PPD GRATISKAN ARMADA BOGOR-JAKARTA SELAMA SATU BULAN   KADINKES KOTA TANGERANG LIZA PUSPADEWI TARGETKAN SEKITAR 15.000 ORANG DAPAT DIVAKSIN PER HARI   KADINKES GUNUNG KIDUL, DIY: SEBANYAK 686 PASIEN COVID-19 DI GUNUNG KIDUL MASIH DIRAWAT DI RS   PEMPROV DKI OPERASIKAN KEMBALI WISMA RAGUNAN DAN TMII SEBAGAI TEMPAT ISOLASI TERKENDALI BAGI PASIEN COVID-19   KEMENDAGRI IMBAU PUSKESMAS TINGKATKAN PELACAKAN DAN TES GUNA CEGAH PENYEBARAN COVID-19   KEMENDAGRI: PUSKESMAS MEMILIKI PERAN SENTRAL SAAT PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KOMISI VIII DPR RI DUKUNG BAZNAS UNTUK PERCEPAT IMPLEMENTASI PERPRES PENGUMPULAN ZAKAT DI LINGKUNGAN ASN   KOMISARIS UTAMA PERTAMINA BASUKI TJAHAJA PURNAMA: FASILITAS KARTU KREDIT DIHAPUS UNTUK PENGHEMATAN PERUSAHAAN