Kompas TV nasional sosial

Polda Metro Jaya akan Terapkan Skenario Crowd Free Night untuk Cegah Kerumunan di Malam Takbiran

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 23:19 WIB
polda-metro-jaya-akan-terapkan-skenario-crowd-free-night-untuk-cegah-kerumunan-di-malam-takbiran
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Sumber: Kompas.com/Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Metro Jaya menerapkan skenario crowd free night alias menutup jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin dalam malam takbir pada 12 Mei 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan skenario crowd free night ini akan dilakukan melihat kondisi di lapangan.

Jika terjadi peningkatan kendaraan atau aktivitas masyarakat maka crowd free night akan diberlakukan.

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Hari Kamis, 13 Mei 2021

“Artinya situasional maka bisa saja pada pukul tertentu apakah 22.00 WIB hingga 23.00 WIB kita laksanakan crowd free night seperti pada malam tahun baru," ujar Sambodo di Polda Metro Jaya, Selasa (11/5/2021).

Sambodo menambahkan untuk mencegah aktivitas masyarakat yang ingin melaksanakan takbir di luar rumah, pihaknya telah menerapkan penyaringan di sejumlah jalan di wilayah Jakarta yang kerap menjadi lokasi takbiran keliling.

Semisal di Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, Monas serta di lima wilayah DKI Jakarta. Penyekatan ini, sambung Sambodo, dimulai dari sejak buka puasa sejak 18.00 WIB.

Saat pelaksanaan penyaringan tidak ada penyekatan bagi kendaraan umum maupun pribadi yang hendak melintasi rute yang akan dilakukan filterisasi.

Baca Juga: Ada Sanksi bagi yang Nekat Berkerumun di Malam Takbiran

Namun, jika ditemukan adanya konvoi takbiran keliling, maka petugas akan mencegat kendaraan tersebut, kemudian diminta untuk putar balik.

Sambodo menegaskan kebijakan filterisasi dan crowd free night menjadi bagian pencegahan kegiatan takbir keliling sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam rangka penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Untuk melaksanakan crowd free night, kita lihat perkembangannya, situasional, apakah memang dibutuhkan crowd free night atau hanya filterisasi," ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x