Kompas TV regional berita daerah

Jelang Lebaran, Gubernur DIY Sri Sultan HB X Minta Warganya Salat Ied di Rumah Masing-masing

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 23:18 WIB
jelang-lebaran-gubernur-diy-sri-sultan-hb-x-minta-warganya-salat-ied-di-rumah-masing-masing
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat ditemui di Banhsal Kepatihan, Kota Yogyakarta, menjealskan soal 3 daerah muncul zona merah, Senin (3/4/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah memastikan bahwa 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis (13/5/2021) besok. Pada pagi harinya, dipastikan umat Muslim akan melaksanakan Salat Idul Fitri (Ied).

Di Yogyakarta, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, meminta warganya untuk menggelar Salat Ied di rumah masing-masing.

Sri Sultan HB X yang juga Gubernur DIY itu mengeluarkan instruksi tersebut sesuai dengan anjuran Kementerian Agama (Kemenag) untuk mencegah penularan Covid-19 yang masing terjadi hingga saat ini. 

Baca Juga: Gubernur Sri Sultan HB X Minta Warga Waspadai Munculnya Bibit Terorisme di DIY

"Kalau kemauan Departemen (Kementerian) Agama ya bisa (Salat Idul Fitri) di rumah sendiri-sendiri," kata HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (5/5/2021). 

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY juga meniadakan Salat Idul Fitri berjemaah yang biasa digelar di kawasan alun-alun.

Rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT) yang berada dalam zona merah penularan virus corona juga dilarang menggelar Salat Ied berjemaah. 

"Yang penting jangan ada berkerumunan," sebut HB X. 

HB X pun kembali meminta warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam dan luar rumah. Warga DIY juga diharapkan tidak menyepelekan kemungkinan terjadi penularan Covid-19 dalam lingkungan keluarga. 

"Biarpun yang berkerumun keluarganya ya tetap hati-hati, harus pakai masker di rumah. Karena sekarang problem-nya itu tetangga dan keluarga bukan berpikirnya orang Jakarta ke sini lalu bawa Covid. Sekarang itu sudah (tren klaster) keluarga," papar Sri Sultan.

Baca Juga: Dipecat Sri Sultan Hamengku Buwono X dari Keraton Yogyakarta, Ini Tanggapan Dua Adiknya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x