Kompas TV nasional sapa indonesia

Polemik Kedatangan Ratusan TKA Asal China ke Indonesia Saat Larangan Mudik, Ini Penjelasan KSP

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 22:55 WIB

KOMPAS.TV - Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Tiongkok masuk ke Indonesia di tengah larangan mudik bagi masyarakat menjelang lebaran.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham Jhoni Ginting, membenarkan kedatangan 3 kloter TKA Tiongkok ini.

Kebijakan pemerintah mengizinkan ratusan TKA Tiongkok masuk ke Tanah Air, dikritik Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat masyarakat kembali dilarang mudik tahun ini.

Sebanyak 291 TKA asal Tiongkok masuk Indonesia dengan Pesawat Charter pada tanggal 4, 6 dan 9 Mei lalu.

Sebelumnya, gelombang kedatangan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok sejak 4 Mei yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta menjadi perbincangan khalayak.

Terbaru, pada 8 Mei lalu tercatat ada 157 WNA Tiongkok yang kembali masuk ke Indonesia.

Mereka tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pukul 11.50 WIB, Kamis 6 Mei 2021. Ratusan WNA China itu datang menggunakan pesawat Xiamen Air dengan nomor penerbanngan MF855 dari Fozhou.

Satgas covid-19 menyebutkan jika kedatangan puluhan WN asal China itu sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Masyarakat pun mempertanyakan izin masuknya para WNA yang merupakan TKA Tiongkok di tengah kebijakan pelarangan mudik saat ini.

Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menyebutkan semua TKA Tiongkok yang datang ke Indonesia sudah sesuai berdasarkan aturan, ada dokumen keimigrasian, kekarantianaan termasuk bebas covid-19.

Simak dialog selengkapnya bersama Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin serta Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Fathul Bari dalam tayangan berikut ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x