Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ternyata Ini Alasan OJK Tidak Awasi Aset Kripto

Selasa, 11 Mei 2021 | 22:42 WIB
ternyata-ini-alasan-ojk-tidak-awasi-aset-kripto
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan tidak mengawasi peredaran aset kripto.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, pengawasan kripto dilakukan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Hal tersebut karena aset kripto merupakan jenis komoditas.

Berdasarkan Peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka, aset kripto adalah komoditas tak berwujud yang berbentuk aset digital, menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi.

Ini untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan, melalui Bappebti, pihaknya akan melakukan pengaturan aset kripto agar tercipta kondisi aman, adil, ada kepastian, dan transparan bagi para pelakunya.

“Kami tidak ingin banyak orang tertipu. Jadi, mau tidak mau tetap harus diatur,” ujar Lutfi, dilansir dari laman Kompas.id (11/5/2021).

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Imam Dalam Keluarga

Senin, 14 Juni 2021 | 07:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:36
TOTAL ADA 26 ATLET INDONESIA DARI 8 CABANG OLAHRAGA YANG SUDAH DIPASTIKAN BERLAGA DI OLIMPIADE TOKYO   3 NAMA ATLET INDONESIA YANG AKAN MENGGUNAKAN "WILD CARD" OLIMPIADE TOKYO BELUM DITENTUKAN   INDONESIA DAPAT 3 KUOTA ATLET DARI DUA CABANG OLAHRAGA YANG AKAN BERLAGA DI OLIMPIADE TOKYO MELALUI JALUR "WILD CARD"   BELANDA MENANG TIPIS 3-2 SECARA DRAMATIS ATAS UKRAINA DALAM LAGA GRUP C EURO 2020   TIMNAS BRASIL MENANG 3-0 ATAS VENEZUELA PADA LAGA PEMBUKA COPA AMERICA   MENANG DI FRENCH OPEN 2021, NOVAK DJOKOVIC PUNYA 19 GELAR JUARA GRAND SLAM   PETENIS NOVAK DJOKOVIC JADI JUARA TUNGGAL PUTRA FRENCH OPEN 2021 SETELAH MENGALAHKAN STEFANOS TSITSIPAS   PETENIS CEKO, BARBORA KREJCIKOVA, RAIH 2 TITEL JUARA ATAU GELAR GANDA PADA FRENCH OPEN 2021   POLITIKUS SAYAP KANAN, NAFTALI BENNETT, RESMI JADI PM ISRAEL GANTIKAN BENJAMIN NETANYAHU   MENHAN PRABOWO SUBIANTO AKAN BERNEGOSIASI LANGSUNG DENGAN NEGARA PRODUSEN ANTISIPASI MAFIA ALUTSISTA   HARI INI, RIZIEQ SHIHAB JALANI SIDANG LANJUTAN PERKARA RS UMMI BOGOR DI PN JAKTIM   PEMKOT BOGOR HIBAHKAN LAHAN SELUAS 1.668 METER PERSEGI UNTUK PEMBANGUNAN GEREJA KRISTEN INDONESIA (GKI) YASMIN   PT PELABUHAN INDONESIA II LAKUKAN PENGAWASAN BERKELANJUTAN GUNA CEGAH PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN JUMLAH VAKSINASI COVID-19 DI JAKARTA MENCAPAI 3 JUTA ORANG PADA AKHIR JUNI 2021