Kompas TV nasional sosial

Jelang Idulfitri Pasar Tanah Abang Ditutup Seminggu, Anies: Pedagangnya Mau Lebaran Juga

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 21:28 WIB
jelang-idulfitri-pasar-tanah-abang-ditutup-seminggu-anies-pedagangnya-mau-lebaran-juga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Achmad Riza Patria. Survei Median menyatakan 52,5 persen responden mengaku puas dengan kinerja Anies. (Sumber: Dokumentasi Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta menutup kegiatan di Pasar Tanah Abang di blok A, B, F dan G selama seminggu terhitung mulai 12 hingga 18 Mei 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penutupan kegiatan di Pasar Tanah Abang ini jelang Hari Raya Idulfitri sudah menjadi kesepakatan antara PD Pasar Jaya dengan para pedagang di setiap tahunnya.

Menurut Anies, normalnya kegiatan Pasar Tanah Abang hanya membatasi jam operasional.

Namun untuk saat ini PD Pasar Jaya dan pedangang sepakat untuk menutup.

Baca Juga: Perawatan Rutin Selama Lebaran, Pasar Tanah Abang Tutup Sepekan Mulai 12 Mei 2021

"Pedagangnya Lebaran juga, memang normalnya Pasar Tanah Abang kalau sudah Ramadhan hari terakhir beroperasi di jam tertentu kemudian pulang semuanya mau Lebaran," ucap Anies, Selasa (11/5/2021).

Di kesempatan berbeda, Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza menjelaskan, untuk blok A dan B sudah dilakukan penutupan per tanggal 11 Mei 2021.

Adapun Blok F dan G yang diberikan waktu kurang lebih setengah hari hingga pukul 14.00 WIB untuk membuka dagangan sebelum ditutup selama seminggu dari tanggal 12 hingga 18 Mei 2021.

Gatra mengatakan, penutupan bukan merupakan bagian dari pencegahan penanganan Covid-19, tapi memang setiap tahunnya Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara saat menjelang Idul Fitri.

Baca Juga: Minggu Terakhir Ramadan, Warga Padati Pasar Tanah Abang Jelang Lebaran

"Kalau Tanah Abang kurang lebih tiap tahunnya seperti itu biasanya, tutup sampai seminggu, jadi itu bukan hal yang baru sebetulnya," ujarnya.

Bahkan banyak pedagang yang menutup lapak mereka lebih dulu mulai dari H-5 Lebaran.

Sehingga banyak pedagang akhirnya sepakat untuk meneruskan tradisi tutup pasar selama seminggu tersebut.

"Memang sudah disepakati juga kok," ujar Gatra.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.