Kompas TV nasional update

Situasi Terkini Penyekatan Ribuan Pemudik di Perbatasan Bekasi-Karawang

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:35 WIB

KOMPAS.TV - Visual yang anda saksikan ini adalah ribuan pemudik yang didominasi menggunakan sepeda motor yang sedang terkena penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (11/5/2021).

Para pemudik ini masih mencoba peruntungan untuk bisa mudik ke kampung halamannya di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Sebelumnya, ribuan pemudik sepeda motor yang nekat menerobos pos penyekatan larangan mudik di bekasi Jawa Barat ini viral di media sosial Minggu malam (9/5/2021).

Sebagian pemotor, nekat menerobos pembatas dengan melawan arus hingga menyebabkan kemacetan di kedua jalur sejauh 5 kilometer.

Petugas kepolisian yang berupaya mencegah kewalahan menangani situasi.

Perdebatan juga terjadi saat petugas memutar balik kendaraan yang kedapatan melanggar aturan.

Situasi ini memicu penambahan personel dan pos penyekatan di jalur-jalur perbatasan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, menegaskan penambahan pos penyekatan akan dilakukan per 3 hingga 5 kilometer.

Di Cirebon Jawa Barat, banyak pemudik lolos, menghindari penyekatan, melalui jalur-jalur tikus.

Berbagai petunjuk arah, bahkan nampak di sepanjang jalur tikus yang dilalui dan dimanfaatkan pemudik.

Karena kalah jumlah, petugas yang berjaga kewalahan menghadapi ribuan pemudik yang nekat menerobos pos penyekatan.

Khawatir situasi semakin parah, akhirnya polisi membuka barikade penyekatan.

Namun, pihak kepolisian mengaku memang ada mekanisme pembukaan barikade penyekatan jika penumpukan kendaraan dan manusia, sudah tidak terbendung.

Mencegah kembali jebolnya pos penyekatan oleh pemudik, pihak kepolisian menambah pos pengamanan di Kawasan Sasak Jarang Bulak Kapal, Bekasi Timur, Jawa Barat.

Terkait pantauan terkini seputar penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang, Jawa Barat, simak liputan Jurnalis KompasTV berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19