Kompas TV nasional update

Situasi Terkini Penyekatan Ribuan Pemudik di Perbatasan Bekasi-Karawang

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:35 WIB

KOMPAS.TV - Visual yang anda saksikan ini adalah ribuan pemudik yang didominasi menggunakan sepeda motor yang sedang terkena penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (11/5/2021).

Para pemudik ini masih mencoba peruntungan untuk bisa mudik ke kampung halamannya di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Sebelumnya, ribuan pemudik sepeda motor yang nekat menerobos pos penyekatan larangan mudik di bekasi Jawa Barat ini viral di media sosial Minggu malam (9/5/2021).

Sebagian pemotor, nekat menerobos pembatas dengan melawan arus hingga menyebabkan kemacetan di kedua jalur sejauh 5 kilometer.

Petugas kepolisian yang berupaya mencegah kewalahan menangani situasi.

Perdebatan juga terjadi saat petugas memutar balik kendaraan yang kedapatan melanggar aturan.

Situasi ini memicu penambahan personel dan pos penyekatan di jalur-jalur perbatasan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, menegaskan penambahan pos penyekatan akan dilakukan per 3 hingga 5 kilometer.

Di Cirebon Jawa Barat, banyak pemudik lolos, menghindari penyekatan, melalui jalur-jalur tikus.

Berbagai petunjuk arah, bahkan nampak di sepanjang jalur tikus yang dilalui dan dimanfaatkan pemudik.

Karena kalah jumlah, petugas yang berjaga kewalahan menghadapi ribuan pemudik yang nekat menerobos pos penyekatan.

Khawatir situasi semakin parah, akhirnya polisi membuka barikade penyekatan.

Namun, pihak kepolisian mengaku memang ada mekanisme pembukaan barikade penyekatan jika penumpukan kendaraan dan manusia, sudah tidak terbendung.

Mencegah kembali jebolnya pos penyekatan oleh pemudik, pihak kepolisian menambah pos pengamanan di Kawasan Sasak Jarang Bulak Kapal, Bekasi Timur, Jawa Barat.

Terkait pantauan terkini seputar penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang, Jawa Barat, simak liputan Jurnalis KompasTV berikut.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:58
PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RS DARURAT LAPANGAN GUNA TANGANI LONJAKAN KASUS COVID-19 DI BANGKALAN   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI:RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA