Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ramadan di Saat Pandemi Bikin Jasa Pengiriman Cuan, Sehari Bisa Kirim 5 Juta Paket

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 14:58 WIB
ramadan-di-saat-pandemi-bikin-jasa-pengiriman-cuan-sehari-bisa-kirim-5-juta-paket
Proses pengiriman paket J&T Express (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Larangan mudik membuat pengiriman barang meningkat pesat. Perusahan jasa pengiriman pun harus bekerja keras melayani tingginya lalu lintas pengiriman barang.

Perusahaan ekspedisi J&T Express misalnya, mengalami kenaikan lonjakan pengiriman sebesar 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya. CEO J&T Express, Robin Lo mengungkapkan, J&T Express bisa mengirim paket mencapai 5 juta paket per hari di masa Ramadan 2021.

“Walaupun di tengah pandemi, daya beli masyarakat tetap tinggi dan adanya lonjakan di momen Ramadan apalagi masyarakat saat ini masih membatasi diri untuk kegiatan keluar rumah sehingga masyarakat memilih transaksi secara online dan terjadi peningkatan pengiriman," kata Robin Lo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (11/05/2021).

Baca Juga: Pengiriman Hampers Lebaran Naik 2 Kali Lipat, PT Pos Indonesia Larang Pegawainya Cuti

Menurut Robin, pihaknya sudah memprediksi hal tersebut sehingga menyiapkan antisipasi sejak awal. Yaitu dengan menambah sumber daya manusia, armada kendaraan, dan peralatan.

J&T Express juga mengoptimalkan penggunaan mesin sortir otomatis, fasilitas regulated agent dan air freighter, demi menjamin Service Level Agreement kepada pelanggan. Perluasan dan penambahan kapasitas gudang sortir di beberapa area juga dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

J&T Express juga menghadirkan layanan baru berupa J&T Super, yang memfasilitasi pengiriman barang dengan waktu singkat.

Baca Juga: Tinjau Penyekatan Mudik di Pelabuhan Merak, Puan Maharani Minta Distribusi Logistik Jangan Terganggu

"Layanan J&T Super ini memang baru kami luncurkan pada awal April dan di masa Ramadan kami memberikan diskon hingga 40 persen," ujar Robin.

Sementara manajemen Ninja Xpress, mengaku volume pengiriman barang meningkat hingga 4 kali lipat dibanding Ramadan 2020. Sepanjang bulan puasa tahun lalu, total paket yang berhasil diantarkan oleh Ninja Xpress mencapai 33 juta paket.

“Di tengah lonjakan pengiriman barang, Ninja Xpress tetap berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen, hal ini dibuktikan dengan pengiriman barang yang berhasil hingga 98 persen secara konsisten selama bulan Ramadan 2020 untuk seluruh jenis paket,” terang CMO Ninja Express Andi Djoewarsa, dalam keterangan resminya, dikutip Senin (11/05/2021).

Baca Juga: Mudik Dilarang Bikin Perputaran Uang Terpusat di Jabodetabek, Daerah Gigit Jari

Ninja Xpress melayani pengiriman paket dalam 3 jenis. Yaitu paket kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm), paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20).

"Sejauh ini paket yang paling banyak dikirimkan melalui Ninja Xpress yaitu paket berukuran kecil yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata dan lain-lain, " jelas Andi.

Untuk mendukung kenaikan volume pengiriman tersebut, Ninja Xpress meningkatkan layanan dengan “Respon Cepat Resolusi Tepat” melalui peningkatan layanan konsumen (customer care).

Baca Juga: 5 Hari Peniadaan Mudik, Kakorlantas Sebut Volume Kendaraan Menuju Jateng dan Jatim Turun 60 Persen

Customer care akan memberikan kecepatan respon atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam.

Serta mampu memberikan ketepatan resolusi pemecahan masalah pengiriman yang diharapkan dapat mempermudah shipper agar tidak mengganggu produktivitas mereka karena kendala dalam proses pengiriman.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x