Kompas TV nasional news or hoax

Beredar Video Kerumunan Pemudik Cikampek Disebut Mirip di India, Kominfo Pastikan Video Lama

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 06:15 WIB
beredar-video-kerumunan-pemudik-cikampek-disebut-mirip-di-india-kominfo-pastikan-video-lama
Tangkapan layar kerumunan yang disebut pemudik, namun merupakan berita hoaks  (Sumber: kominfo.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Beredar video melalui aplikasi TikTok yang diklaim merupakan kemacetan yang terjadi saat arus mudik tahun 2021.  

Dalam aplikasi percakapan yang disebarkan disertai narasi, "Cikampek arah perbatasan cikarang macet parah. Video direkam jam 16.16 tadi..berarti sampai saat ini masih macet, covid bakal panen..mengerikan..jaga kesehatan yah teman2 semua". 
Selain itu, masih dalam video yang sama, terdapat juga narasi yang menyebutkan kepadatan tersebut mirip di India. "Perbatasan Sukabumi-Cianjur hari ini...mengerikan. mirip india wkt festival khumbela Tidak Mendengarkan Peringatan Presiden Kita".

Namun berdasarkan penelusuran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), klaim kemacetan yang terjadi saat arus mudik tahun 2021 tersebut adalah keliru. 

Baca Juga: Larangan Mudik Karena Keuangan Perbankan Mengkhawatirkan? Kominfo: Faktanya, untuk Menekan Covid-19

Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang baru diunggah kembali. "Video tersebut adalah para pekerja yang baru pulang di Jalur Sukabumi–Cianjur," demikian penjelasan Kominfo, Minggu (9/5/2021).

 Akun Instagram @humaspolda.jabar telah mengklarifikasi berita tersebut dan mengingatkan agar masyarakat tidak percaya begitu saja dengan informasi yang beredar di media sosial.

Kerumunan pemudik memang membludak di kawasan Bekasi sejak Senin malam (10/5/2021).  Ribuan pemudik yang didominasi kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Pospam Penyekatan di Jalan Urip Sumoharjo, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat hingga membuat kemacetan sepanjang lima kilometer.

Petugas sempat  kewalahan mengatur kendaraan para pemudik yang nekat melawan arus dengan memberi peringatan kepada ribuan pengendara roda dua yang akan pulang mudik ke kampung halaman dengan memutar balik kendaraannya.

Baca Juga: Eksekusi Mati Harus Bayar 200 Juta? Kementerian Kominfo Pastikan Hoaks

Namun, akibat mengalami kemacetan, petugas akhirnya membuka sementara barikade jalur penyekatan guna mengurangi kemacetan setelah berkoordinasi dengan Kasatlantas Karawang, Purwakarta, Subang dan Cirebon.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x