Kompas TV cerita ramadan panduan

Ini yang Disunahkan Rasulullah Sebelum dan Setelah Salat Idulfitri, Bisa Dicontoh Saat Lebaran 2021

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 02:24 WIB
ini-yang-disunahkan-rasulullah-sebelum-dan-setelah-salat-idulfitri-bisa-dicontoh-saat-lebaran-2021
Ilustrasi salat Idulfitri di lapangan yang dilakukan saat pandemi Covid-19 belum terjadi. (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Lebaran tahun 2021 sudah di depan mata. Ramadan 1442 Hijriah pun sudah berada di pengujung bulan dan semua umat Muslim di dunia akan menyambut Idulfitri yang juga berarti Hari Kemenangan.

Pada Lebaran tahun ini masih sama dengan tahun lalu yakni masih dalam suasana pandemi Covid-19. Namun, hal itu tak menjadi penghambat dalam merayakan Hari Kemenangan dengan penuh gembira dan keberkahan.

Saat Idulfitri, setiap umat Muslim juga disunahkan untuk melaksanakan Salat Id di pagi harinya setelah itu disusul bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan meski saat ini karena masih dalam suasana pandemi, semua kegiatan tersebut tetap harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Baca Juga: Zona Hijau dan Kuning Boleh Salat Idul Fitri di Masjid, Berikut Syaratnya

Saat merayakan Idulfitri, ada beberapa hal yang disunahkan Rasulullah SAW. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 7 sunah Rasul saat sebelum dan setelah Salat Id.

1. Mengumandangkan Takbir

Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW saat merayakan Idulfitri adalah mengumandangkan takbir hingga menggema sebelum dan sesudah Salat Id. Memperbanyak kumandang takbir sebelum Salat Id merupakan kebiasaan Rasulullah dan para sahabat.

Takbiran pada saat Idulfitri dimulai sejak Maghrib malam tanggal 1 Syawal sampai selesai Salat Id.

Hal itu sebagaimana hadis riwayat sebagai berikut.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar rumah menuju lapangan kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir sampai salat selesai. Setelah menyelesaikan salat, beliau menghentikan takbir. (HR. Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf).

Baca Juga: Pemkot Makassar Ijinkan Salat Id Tingkat RT

2. Mandi Besar atau Junub

Mandi junub sebelum Salat Id juga salah satu sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Hal itu sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis sebagai berikut.

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasanya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idulfitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

3. Sarapan sebelum Salat Id

Sebelum melaksanakan Salat Id, Rasulullah SAW makan terlebih dahulu. Hari Raya ini juga menjadi salah satu hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Dijelaskan di dalam hadis, Sebelum salat Idulfitri, Rasulullah biasa memakan kurma dengan jumlah yang ganjil.

"Pada waktu Idul Fitri Rasulullah tidak berangkat ke tempat salat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil." (HR. Ahmad dan Bukhari)

Baca Juga: Kemenag Keluarkan Petunjuk Kegiatan Malam Takbir dan Salat Idulfitri 1442 H



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.