Kompas TV nasional sapa indonesia

Satgas: Kasus Covid-19 Melonjak Akibat Abai Prokes dan Banyak yang Sudah Mudik Sejak Awal Ramadhan

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 23:30 WIB

KOMPAS.TV - Penambahan kasus covid-19 di Tanah Air belum melandai.

Hari ini (10/5), tercatat terdapat 4.891 kasus baru sehingga jumlah kasus corona di Indonesia mencapai 1.718.575.

Dari jumlah total kasus virus corona di Indonesia tersebut, terdapat 96.742 kasus aktif yang masih tercatat dan mengalami penambahan sebanyak 1.653 kasus aktif.

Selain mengalami penambahan kasus baru, terdapat 6.338 pasein corona yang sembuh, sehingga total pasien yang sembuh tercatat 1.574.615 orang.

Sementara, jumlah pasien corona yang meninggal bertambah 206, hingga total kasus kematian menjadi 47.218

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto menyebut terjadi kenaikan kasus yang sangat tajam di provinsi Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Aceh, dan Kalimantan Barat.

Kenaikan kasus covid-19 menyebabkan keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan pada 7 provinsi meningkat, menjadi lebih dari 50 persen: Sumatera Utara 63,4 persen, Riau 59,1 persen, Kepulauan Riau 59,9 persen,  Sumatera Selatan 56,6 persen, Jambi 56,2 persen, Lampung 50,8 persen dan Kalimantan Barat 50,6 persen.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah akan meningkatkan kesiapan rumah sakit untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus covid-19, terutama setelah masa libur lebaran.

Terkait kesiapan rumah sakit, Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan, Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, Daniel Budi Wibowo mengatakan, seluruh fasilitas kesehatan perlu bersiap mengantisipasi lonjakan kasus.

Ketua Bidang Komunikasi Satgas Covid-19, Hery Trianto bahkan menyebutkan jika sudah banyak pemudik yang curi start dari awal Ramadhan dan sejumlah orang sudah mulai buka puasa bersama di pusat perbelanjaan. Hal ini berkaitan dengan peningkatan kasus covid-19 di sejumlah wilayah.

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Bidang Komunikasi Satgas Covid-19, Hery Trianto dan juga Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Lia Partakusuma.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.