Kompas TV religi beranda islami

Peran Pegadaian Syariah Dalam Inklusi Keuangan Syariah - SAHUR TIME

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 03:34 WIB
Penulis : Luthfan

Inklusi keuangan syariah dapat meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dalam Islam, saling membantu perekonomian adalah hal yang patut dilakukan.

Kondisi perekonomian setiap orang tentunya berbeda-beda, sehingga perputaran dan pemerataan ekonomi harus dijalankan pada setiap kelompok atau wilayah agar kesejahteraan setiap individu terpenuhi.

Perekonomian tidak boleh dikuasai oleh sekelompok orang, maka harus terjadi pemerataan. Maka, hal ini berjalan melalui sistem yang dapat dipraktikkan, tentunya berprinsip syariah. 

“ … agar harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya.” (QS. Al-Hasyr Ayat 7).

Efek dari inklusi keuangan syariah sebagai pondasi masyarakat untuk merencanakan keuangan mereka. Sehingga, ketimpangan atau tidaknya pemerataan ekonomi dapat teratasi dengan baik.

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x