Kompas TV nasional kesehatan

Hati-Hati, 3 Strain Baru Covid-19 Banyak Menyebar di 4 Provinsi Ini

Senin, 10 Mei 2021 | 20:37 WIB
hati-hati-3-strain-baru-covid-19-banyak-menyebar-di-4-provinsi-ini
Suasana ruang isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat. (Sumber: Dok. RSUI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan strain baru virus Covid-19 dari Inggris (B117), Afrika Selatan (B1351) dan India (B1617) telah menyebar di sejumlah wilayah.

"Kita ketahui bahwa Indonesia sudah dimasuki tiga virus yang masuk kategori variant of concern atau virus-virus yang relatif berbahaya versinya WHO, yaitu varian dari London atau B117, varian dari Afrika Selatan atau B1351 dan varian dari India atau B1617," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Telanjur Mudik, Ini Pesan Ketua Satgas Covid-19: Karantina, Tak Ada Pilihan Lain

Menteri Budi mengatakan, mutasi baru virus corona ini berasal dari Saudi Arabia, Afrika, India dan Malaysia.

Hasil-hasil mutasi virus Corona itu banyak ditemukan di Provinsi DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Bali.

"Ini adalah varian dari Inggris yang kebanyakan masuknya sudah mulai bulan Januari dan ini beredar di daerah Jawa, Sumatera dan juga Kalimantan, ada juga di Bali," beber Budi.

"Berikutnya adalah varian atau mutasi dari Afrika Selatan ini hanya kita temui satu di Bali. Yang akhir-akhir ini cukup banyak masuk ke Indonesia adalah varian dari India dan varian ini banyak kita temui di Sumatera Selatan dan di Kalimantan Tengah," imbuhnya.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:28
OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) GELAR PERTEMUAN STRATEGIS UNTUK BANGKITKAN SEKTOR HOTEL, RESTORAN, DAN KAFE DI BALI   KEJAKSAAN AGUNG LIMPAHKAN BERKAS PERKARA TAHAP II 7 TERSANGKA ASABRI KEPADA TIM JAKSA PENUNTUT UMUM   TNI AL GAGALKAN PENYELUNDUPAN 1 KILOGRAM SABU ASAL MALAYSIA DI PERAIRAN KEPULAUAN RIAU   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN RINGKUS DUA KAPAL IKAN ASING ILEGAL BERBENDERA FILIPINA DI PERAIRAN SULAWESI   MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO JANJI PRODUKSI PETANI DAERAH TERPILIH JALANKAN “FOOD ESTATE” DAPAT DIEKSPOR   KEMENPUPR AKAN UJI COBA SISTEM TRANSAKSI TOL NIRSENTUH PADA KUARTAL II DAN III TAHUN 2021   KEMENPUPR MELALUI BPJT BERENCANA LELANG 4 RUAS TOL JORR 3 YANG MEMBENTANG DARI KAMAL, JAKUT, HINGGA KARAWANG BARAT   WAPRES MA’RUF AMIN BERHARAP “ROAD MAP” PERBANKAN SYARIAH 2020-2025 BISA BERI ARAHAN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH   SATGAS: KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RS RUJUKAN COVID-19 NAIK 14,2 PERSEN SECARA NASIONAL DALAM RENTANG WAKTU 20-26 MEI   SATGAS COVID-19 PASTIKAN VAKSIN KORONA TIDAK MENGANDUNG MAGNET   KEMENKES: SEBANYAK 10.486.399 ORANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA   PEMPROV DKI JAKARTA MULAI VAKSINASI COVID-19 TAHAP KETIGA DENGAN TARGET MASYARAKAT RENTAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PERSILAKAN KEMENKES UNTUK KERJA SAMA SUSUN PENILAIAN SITUASI RISIKO SECARA OBYEKTIF   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PERNYATAAN KEMENKES SOAL NILAI E BISA GANGGU KERJA PENANGANAN COVID-19