Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

DPD HIPPI Perkirakan Ada Transaksi Ekonomi yang Signifikan di Masa Larangan Mudik 2021

Senin, 10 Mei 2021 | 20:10 WIB
dpd-hippi-perkirakan-ada-transaksi-ekonomi-yang-signifikan-di-masa-larangan-mudik-2021
Sarman simanjorang, Wakil Ketua Kadin Jakarta (Sumber: Kompas TV/Ilona-Wandi)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyatakan, larangan mudik pada Lebaran 2021 untuk mencegah penyebaran Covid 19 berpotensi menggairahkan perekenomian di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Hal ini disebabkan kondisi ekonomi yang mulai membaik,” kata Simanjorang yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta, dikutip dari Kompas.id, Senin (10/5/2021).

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2021 walaupun masih terkontraksi minus 0,74 persen, sudah mengalami peningkatan dibanding dengan kuartal IV-2020 sebesar minus 2,19 persen.

Kemudian adanya peningkatan jumlah perusahaan yang memiliki kemampuan membayar THR serta cairnya THR untuk ASN, TNI-Polri, dan pensiunan.

“Biasanya uang ini akan mengalir ke daerah tujuan mudik. Namun, karena larangan mudik yang sangat ketat, uang tersebut berpotensi akan beredar di Jakarta dan sekitarnya,” katanya.

Baca Juga: Pemprov DKI Putuskan Ancol dan TMII Tetap Buka saat Lebaran dengan Pembatasan Pengunjung

Lebih lanjut, menurut Simanjorang, warga Jakarta yang tidak pulang kampung diperkirakan akan mengunjungi mal, hotel, restoran, kafe, dan pusat hiburan/wisata, seperti Ancol, TMII, KB Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Kepulauan Seribu. Di sana akan terjadi transaksi ekonomi yang signifikan.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:14
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT