Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Tangkap 11 Debt Collector Penghadang Anggota TNI, Ini Kronologinya

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi menangkap 11 debt collector atau penagih utang yang viral melakukan penghadangan anggota TNI Serda Nurhadi yang hendak menolong warga.

11 tersangka telah ditangkap dan ditahan di Polres Metro Jakarta Utara.

Sebelumnya, video sekelompok orang diduga debt collector atau penagih utang yang terlibat percekcokan dengan seorang anggota TNI berseragam, viral di media sosial. 

Video berdurasi 1:26 menit itu viral setelah diunggah akun Instagram @infokomando, pada hari Sabtu (8/5/2021).

Terdapat dua video dengan sudut pengambilan yang berbeda. Salah satunya diambil dari luar mobil dan satu lagi oleh pemilik mobil dari dalam.

Peristiwa bermula pada hari Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB,

Serda Nurhadi mendapat laporan dari anggota Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU), bahwa ada sebuah mobil yang dikerubuti 10 orang hingga menyebabkan kemacetan.

Serda Nurhadi yang sedang berada di Kantor Kelurahan Semper Timur, kemudian bergegas mendatangi mobil tersebut dan 8 orang penumpang di dalamnya, termasuk 1 anak kecil dan 1 orang sakit.

Serda Nurhadi kemudian berinisiatif mengambil alih kemudi mobil untuk mengantarkan mereka ke rumah sakit dengan mengambil rute tercepat melalui pintu tol Koja Barat.

Meskipun mobil sudah diambil alih Nurhadi, para debt collector tetap memaksa untuk mengambil alih mobil berwarna putih itu.

Polisi menyebut 11 tersangka terkena pidana pasal 335 dan Pasal 364 KUHP soal pencurian dengan tindak kekerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman memastikan tetap akan mengawal kasus ini ke ranah pidana.

Pangdam Jaya juga secara tegas bersama Polda Metro Jaya akan menumpas aksi debt collector yang meresahkan warga Jakarta.

Pangdam juga meminta kepada pihak perusahaan tidak lagi menggunakan jasa penagih utang atau debt collector.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.