Kompas TV regional berita daerah

Harga Jagung Mahal, Peternak Ayam Terancam Gulung Tikar

Senin, 10 Mei 2021 | 17:28 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Para peternak ayam petelur di kabupaten Blitar kini terancam gulung tikar. Setiap hari para peternak ayam petelur kini mengalami kerugian jutaan rupiah akibat mahalnya biaya produksi serta rendahnya harga jual.

Harga jagung yang merupakan bahan utama pakan ayam kini melambung tinggi hingga menyentuh angka 6.300 rupiah per kilogram. Kondisi itu diperparah dengan peningkatan harga bungkil kedelai serta tepung roti sebesar 20 hingga 30 persen dibanding biasanya.

Biaya produksi para peternak pun kini menjadi meningkat drastis. Disaat yang bersamaan harga jual telur ayam justru turun di angka 16 ribu rupiah per kilogram.

Menurut peternak dengan harga jagung lebih dari 6 ribu rupiah seharusnya HPP telur ayam harus berada di angka 20 ribu rupiah, per kilogram. Kini para peternak terpaksa menanggung kerugian 6 ribu rupiah setiap 1 kilogram telur yang diproduksi.

Kebutuhan jagung untuk bahan pakan ayam di kabupaten blitar sendiri mencapai 1200 ton per hari. Dengan langka dan mahalnya harga jagung tersebut para peternak akan mengapkir ayamnya lebih awal untuk mengurangi biaya produksi.

Kini pemerintah diharapkan bisa memberikan solusi dari mahalnya harga serta langkanya bahan utama pakan ayam tersebut.

#Blitar #Peternakan #Ayam #Telur #Jagung #Mahal #BeritaKediri

Penulis : KompasTV Kediri





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:23
NURHIDAYAT HAJI HARIS DICORET DARI TIMNAS SEPAK BOLA INDONESIA KARENA MELAKUKAN TINDAKAN INDISIPLINER   BARCELONA TELAH PULANGKAN EMERSON ROYAL YANG SEBELUMNYA DIPINJAMKAN KE REAL BETIS SELAMA DUA MUSIM   KPK TELAH PERIKSA 46 ORANG SEBAGAI SAKSI DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI PENGADAN LAHAN DI MUNJUL, JAKTIM   KPK TAHAN WAKIL DIREKTUR PT ADONARA PROPERTINDO ANJA RUNTUWENE ATAS DUGAAN KORUPSI PENGADAAN LAHAN DI MUNJUL   MENTERI ATR/BPN SOFYAN DJALIL PECAT KEPALA BPN JAKARTA YANG TERLIBAT PENERBITAN SERTIFIKAT BODONG 7,78 HEKTAR   22 WARGA RT 01/RW 04 KELURAHAN SEMPER BARAT, JAKUT, POSITIF COVID-19 SETELAH HADIRI TAHLILAN   MENHAN PRABOWO SUBIANTO: ALUTSISTA KITA SUDAH TUA, MENDESAK UNTUK DIGANTI   WAKIL KETUA DPR RACHMAT GOBEL BERHARAP LIKUIDASI JADI OPSI TERAKHIR SELAMATKAN GARUDA INDONESIA DARI UTANG   HARUN MASIKU MERUPAKAN TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP TERKAIT PERGANTIAN ANTARWAKTU ANGGOTA DPR 2019-2024   KPK MINTA NATIONAL CENTRAL BUREAU (NCB) INTERPOL TERBITKAN "RED NOTICE" UNTUK TERSANGKA HARUN MASIKU   MOELDOKO TEGASKAN ISTANA TIDAK AKAN PANGGIL PIMPINAN KPK MAUPUN BKN SELAKU PENYELENGGARA TWK   KEPALA STAF KEPRESIDENAN, MOELDOKO, SEBUT PEMBERHENTIAN 51 PEGAWAI KPK YANG TAK LOLOS TWK URUSAN INTERNAL KPK   KEMENDIKBUD RISTEK ALOKASIKAN DANA BOS RP 52,5 T UNTUK 216.662 SATUAN PENDIDIKAN SD, SMP, SMA, SMK SERTA SLB DI 2021   PENDAFTARAN BEASISWA KULIAH DARI LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN (LPDP) DIPERPANJANG HINGGA 4 JUNI 2021