Kompas TV nasional kesehatan

Pemerintah Siapkan Sinopharm dan CanSino dalam Skema Vaksin Gotong Royong

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 19:07 WIB
pemerintah-siapkan-sinopharm-dan-cansino-dalam-skema-vaksin-gotong-royong
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG))
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah terus melakukan upaya dalam menjaga laju pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat untuk segera mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Salah satunya adalah melalui skema Gotong Royong.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyampaikan, untuk pelaksanaan skema ini telah disiapkan vaksin Sinopharm dan CanSino.

“Sudah tersedia 500 ribu (dosis vaksin) dari 7,5 juta kontrak vaksin Sinopharm. Vaksin lain yang akan digunakan adalah CanSino dan ini sudah dipersiapkan 5 juta,” kata Airlangga, dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (10/05/2021), di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Vaksinasi Gotong Royong Rp500.000, Berikut Perinciannya

Airlangga menyampaikan, harga untuk skema vaksinasi ini adalah Rp500 ribu dengan rincian Rp375 ribu untuk dosis vaksin ditambah Rp125 ribu untuk distribusi dan penyuntikan.

“Ini juga sudah memperoleh sertifikasi baik dari Badan POM [Pengawas Obat dan Makanan] maupun dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tentunya vaksin Gotong Royong ini diharapkan sudah bisa dilaksanakan nanti tentu di akhir bulan Mei ini,” ujarnya.

Sementara itu, dalam agenda yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, hingga tanggal 9 Mei cakupan vaksinasi telah mencapai sekitar 22 juta dosis dengan kapasitas vaksinasi mencapai 500 ribu per hari.

Budi menjelaskan, Indonesia sempat terjadi penurunan laju vaksinasi karena adanya penurunan suplai, namun pada bulan Mei pasokan vaksin guna memenuhi kebutuhan program vaksinasi di Tanah Air kembali mengalir.

Baca juga: Ketua Kadin Sebut Harga Vaksin Gotong Royong Rp1 Juta Per Orang

“Alhamdulillah dengan bantuan banyak kementerian, Pak Airlangga juga banyak bantu, Pak Presiden banyak bantu, sehingga stok kita akan naik lagi di bulan Mei ini,” ungkapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x