Kompas TV nasional berita kompas tv

Penelitian: Minum 4 Cangkir Kopi Sehari Baik untuk Kesehatan

Kompas.tv - 12 Desember 2017, 14:15 WIB
Penulis : Desy Hartini

Anda peminum kopi? Berapa cangkir kopi yang Anda minum dalam sehari?  Yakin konsumsi kopi Anda masih masuk batas sehat?

Kalau Anda berhasil membatasi kopi dalam jumlah secukupnya, ada berita baik. Menurut riset yang diterbitkan di jurnal medis Inggris, minum 3 cangkir kopi sehari justru membawa manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menekan risiko kematian dini dan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tak minum kopi sama sekali.

Penelitian ini didasarkan pada bukti yang muncul dari 200 studi sebelumnya. Tak hanya urusan jantung, minum kopi juga ternyata baik untuk hati dan pencegahan demensia serta diabetes.

Manfaat ini sama-sama bisa diperoleh dari seluruh jenis kopi, termasuk kopi instan.

Namun, bukan berarti semua orang bisa bebas minum 3 hingga 4 cangkir kopi per hari, ya. Kurangi konsumsi kopi kalau Anda adalah ibu hamil atau orang yang punya risiko tinggi mengalami patah tulang.

Lalu, cek juga apakah cara minum kopi Anda sehat. Penelitian ini hanya meriset soal kopi, bukan kandungan gula yang Anda campurkan atau beragam kue yang Anda kudap ketika menikmati kopi.

Nah, sudah tahu takaran dan cara menikmati kopi yang sehat? 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.