Kompas TV klik360 sinau

Beda Ketupat dengan Buras dan Lontong untuk Sajian Lebaran

Senin, 10 Mei 2021 | 18:00 WIB

KOMPAS.TV - Lebaran tak lengkap tanpa kehadiran sajian khas hari raya di meja makan. Selain ketupat, ada juga buras dan lontong yang biasanya disajikan saat lebaran.

Meski sama-sama terbuat dari beras, tetapi buras, lontong, dan ketupat memiliki beberapa perbedaan.

Apa perbedaan ketupat, buras, dan lontong?

1. Daun pembungkus

Buras dan lontong biasanya menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Sedangkan ketupat dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda yang dianyam.

2. Bentuk

Buras dan lontong memiliki bentuk yang hampir mirip yaitu lonjong memanjang dengan kedua sisi yang dilipat.

Namun, bentuk buras cenderung pipih dan lebih pendek dibandingkan lontong.

Sementara ketupat bisa dibentuk apa saja, umumnya memiliki bentuk segi empat atau seperti jajar genjang.

3. Bahan dan proses masak

Buras merupakan kudapan khas suku Bugis, berbahan dasar beras yang dimasak bersama santan dan memiliki rasa gurih.

Sedangkan lontong, metode memasaknya biasanya direbus dengan air yang banyak, dan lontong memiliki rasa tawar seperti nasi.

Kemudian untuk memasak ketupat, beras yang sudah dicuci langsung dimasukkan ke dalam daun pembungus. Ketupat dimasak dengan cara direbus selama 2-4 jam hingga matang.

4. Hidangan pendamping

Lontong biasanya disajikan dengan sayur bercita rasa gurih seperti opor ayam, soto, dan sayur nangka muda.

Sedangkan buras umumnya dihidangkan bersama sup seperti coto Makassar, pallubasa, dan kaledo.

Sementara itu, ketupat yang memiliki tekstur padat dan empuk cocok disajikan dengan opor, gulai, dan rendang.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:02
MENTERI PERHUBUNGAN JELASKAN PENGENDALIAN TRANSPORTASI JELANG LEBARAN HINGGA HARI INI BERJALAN DENGAN BAIK   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: DARI EVALUASI SEMENTARA, PERGERAKAN PENUMPANG JELANG LEBARAN TURUN SIGNIFIKAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT 99 PERSEN WARGA JABAR TIDAK MUDIK LEBARAN   MENPERIN AGUS GUMIWANG: PEMERINTAH BERKOMITMEN UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI HALAL   MENSOS TRI RISMAHARINI: APLIKASI E-PERFORMANCE DAPAT BANTU UKUR PRODUKTIVITAS KERJA ASN DAN INSTITUSI TERKAIT   KEMENSOS RI AKAN TERAPKAN PENILAIAN KINERJA ASN DENGAN APLIKASI E-PERFORMANCE   PEMERINTAH INDONESIA DESAK DEWAN KEAMANAN PBB AMBIL TINDAKAN ATAS PELANGGARAN YANG DILAKUKAN ISRAEL   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGUTUK PENGUSIRAN WARGA PALESTINA OLEH ISRAEL   DISDIK DKI JAKARTA: SISTEM ZONASI PPDB DKI JAKARTA 2021 UTAMAKAN CALON SISWA DI SATU LINGKUNGAN RT DAN RW   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: JABODETABEK SEPAKAT ANJURKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: SEBANYAK 4.891 ORANG POSITIF, 6.338 SEMBUH, DAN 206 MENINGGAL DUNIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN FASILITAS RS DI INDONESIA SIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19   KOMISI IX DPR MINTA PEMERINTAH JELASKAN PENYEBAB PRIA YANG MENINGGAL SEUSAI DISUNTIK VAKSIN ASTRAZENECA   ISTANA NEGARA TEGASKAN PRESIDEN JOKOWI TIDAK MUDIK LEBARAN TAHUN INI