Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Orang Kritis Ditusuk oleh Orang Tak Dikenal di Supermarket Selandia Baru

Kompas.tv - 10 Mei 2021, 17:20 WIB
tiga-orang-kritis-ditusuk-oleh-orang-tak-dikenal-di-supermarket-selandia-baru
Polisi menahan tersangka di dekat supermarket Countdown di Dunedin, Selandia Baru, Senin, 10 Mei 2021. Pria ini menikam orang di supermarket Selandia Baru hingga melukai lima orang, tiga di antaranya kritis. (Sumber: Otago Daily Times via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Selandia Baru yang biasanya dikenal sebagai negara yang aman dan tenteram, pada Senin (10/5/2021) dikejutkan oleh peristiwa penusukan yang dilakukan seseorang secara acak di sebuah supermarket di kota Dunedin.

Peristiwa ini membuat tiga orang terluka berat hingga dalam keadaan kritis dan dua orang lainnya luka ringan. Pria ini kemudian dihentikan oleh para pembeli dan staf supermarket sebelum dia melukai lebih banyak orang lainnya.

Inspektur Polisi Selandia Baru Paul Basham mengatakan, dia telah menyaksikan rekaman CCTV dari serangan itu di supermarket Countdown.

“Mereka yang melakukan intervensi untuk menghentikan penusukan, beberapa di antaranya mengalami luka. Saya pikir mereka telah bertindak tanpa pamrih dan bertindak dengan keberanian yang besar untuk mencegah orang ini menyakiti lebih banyak orang,” kata Basham.

Baca Juga: Selandia Baru Hentikan Sementara Penerbangan Tanpa Karantina ke New South Wales

Dua dari mereka yang terluka merupakan anggota staf supermarket Countdown.

Polisi mengatakan tersangka juga terluka dan sedang dirawat di bawah penjagaan polisi. Polisi diperkirakan akan menuntutnya pada Senin malam.

Orang-orang di toko mengatakan kepada media lokal bahwa kejadian itu sangat kacau karena beberapa orang berteriak dan berlari menuju pintu keluar, sementara orang lain bergegas untuk membantu menghentikan penusukan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan motivasi serangan itu belum diketahui tetapi polisi tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa kejadian itu merupakan tindakan terorisme.

“Serangan semacam itu sangat memprihatinkan, dan saya benar-benar ingin mengatakan bahwa tindakan berani dari beberapa orang telah melindungi orang-orang di sekitar mereka. Pikiran kita bersama semua orang yang terkena dampak serangan ini," kata Ardern.

Baca Juga: Covid-19 Terkendali, Warga Indonesia di Selandia Baru Adakan Bukber yang Dihadiri Ratusan Orang

Ardern mengatakan lima orang telah dibawa ke Rumah Sakit Dunedin dengan luka tusuk atau cedera lainnya.

"Kami terkejut dan terpukul dengan kejadian di Dunedin Central Store kami sore ini," kata pernyataan resmi dari supermarket Countdown.

“Prioritas kami saat ini adalah anggota tim kami yang cedera dan merawat tim kami yang lebih luas setelah peristiwa yang sangat traumatis ini. Kami sangat sedih karena pelanggan yang mencoba membantu anggota tim kami juga terluka," ujar pernyataan itu seperti dikutip dari The Associated Press.

Dunedin merupakan kota dengan penduduk sebanyak 130.000 orang. Kota ini merupakan kota pelajar, karena banyak penduduknya merupakan mahasiswa di Universitas Otago.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.