Kompas TV klik360 sinau

Munarman Terlibat Sejumlah Kontroversi Sebelum Ditangkap Densus 88, Apa Saja?

Sabtu, 15 Mei 2021 | 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti yang kita tahu mantan Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 pada 27 April 2021, karena dugaan baiat terhadap ISIS.

Tapi ini bukan pertama kalinya Munarman berurusan dengan polisi. Sebelumnya Munarman juga terlibat dalam berbagai kontroversi.

Berikut deretan kontroversi Munarman sejak tahun 2007.

1. Munarman pernah berurusan dengan polisi karena terlibat cekcok dengan sopir taksi pada tahun 2007. Cekcok bermula dari insiden tabrakan antara taksi dengan mobil Munarman. Munarman yang emosi tiba-tiba mengambil kunci kontak, SIM dan STNK milik sopir taksi. Karena kasus ini polisi mengirimkan surat penahanan kepada Munarman karena dinilai melakukan perampasan terhadap sopir taksi.

2. Munarman terlibat dalam penyerangan terhadap pendukung Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monas pada 1 juni 2008. Munarman divonis 1,5 tahun penjara karena dinilai terlibat memberikan instruksi pada kasus penyerangan ini.

3. Pada 28 juni 2013, Munarman menyiram kopi kepada Guru Besar Sosiologi UI Tamrin Tomagola saat sedang tampil live di TV One. Saat itu Munarman dan Tamrin menjadi narasumber membahas topik pelarangan sweeping di tempat hiburan malam selama bulan ramadhan. Silang pendapat keduanya terjadi saat membahas aksi sweeping itu. 
Munarman yang tidak terima Tamrin menyela pembicaraannya langsung menyiramkan kopi ke wajah Tamrin.

4. Puluhan rekening milik Munarman diblokir sementara oleh PPATK pada 4 Januari 2021. Pembekuan sementara rekening Munarman dilakukan sesuai kewenangan PPATK dalam UU TPPU dan UU nomor 9 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme. Namun kala itu Munarman mengatakan uang dalam rekening yang dblokir tersebut diperlukan untuk biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit.

Video editor: Agung

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 3 Eks Petinggi FPI Makassar, Diduga Terkait Baiat ISIS yang Libatkan Munarman

Penulis : Laura Elvina

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19