Kompas TV video sinau

Munarman Terlibat Sejumlah Kontroversi Sebelum Ditangkap Densus 88, Apa Saja?

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 15:00 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti yang kita tahu mantan Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 pada 27 April 2021, karena dugaan baiat terhadap ISIS.

Tapi ini bukan pertama kalinya Munarman berurusan dengan polisi. Sebelumnya Munarman juga terlibat dalam berbagai kontroversi.

Berikut deretan kontroversi Munarman sejak tahun 2007.

1. Munarman pernah berurusan dengan polisi karena terlibat cekcok dengan sopir taksi pada tahun 2007. Cekcok bermula dari insiden tabrakan antara taksi dengan mobil Munarman. Munarman yang emosi tiba-tiba mengambil kunci kontak, SIM dan STNK milik sopir taksi. Karena kasus ini polisi mengirimkan surat penahanan kepada Munarman karena dinilai melakukan perampasan terhadap sopir taksi.

2. Munarman terlibat dalam penyerangan terhadap pendukung Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monas pada 1 juni 2008. Munarman divonis 1,5 tahun penjara karena dinilai terlibat memberikan instruksi pada kasus penyerangan ini.

3. Pada 28 juni 2013, Munarman menyiram kopi kepada Guru Besar Sosiologi UI Tamrin Tomagola saat sedang tampil live di TV One. Saat itu Munarman dan Tamrin menjadi narasumber membahas topik pelarangan sweeping di tempat hiburan malam selama bulan ramadhan. Silang pendapat keduanya terjadi saat membahas aksi sweeping itu. 
Munarman yang tidak terima Tamrin menyela pembicaraannya langsung menyiramkan kopi ke wajah Tamrin.

4. Puluhan rekening milik Munarman diblokir sementara oleh PPATK pada 4 Januari 2021. Pembekuan sementara rekening Munarman dilakukan sesuai kewenangan PPATK dalam UU TPPU dan UU nomor 9 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme. Namun kala itu Munarman mengatakan uang dalam rekening yang dblokir tersebut diperlukan untuk biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit.

Video editor: Agung

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 3 Eks Petinggi FPI Makassar, Diduga Terkait Baiat ISIS yang Libatkan Munarman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.