Kompas TV cerita ramadan amalan

Unik! Pria Ini Melayani Pembayaran Zakat Menggunakan Sampah

Senin, 10 Mei 2021 | 10:30 WIB

KOJA, KOMPAS.TV - Membayar zakat fitrah adalah salah satu kewajiban umat Muslim di bulan suci Ramadhan.

Zakat ini bisa dibayarkan dalam bentuk uang maupun beras. Di Koja, Jakarta Utara ada sebuah bank sampah yang melayani pembayaran zakat dengan menggunakan sampah.

Sambil menenteng karung berisi botol bekas serta sampah plastik, seorang warga Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara mendatangi Bank Sampah Majelis Taklim di kantor Kecataman Koja.

Kedatangannya lokasi bank sampah menukarkan botol-botol bekas yang telah dikumpulkannya selama seminggu untuk membayar zakat fitrah di penghujung Ramadan ini.

Butuh sekitar 10 kilogram sampah untuk bisa ditukar menjadi 3 setengah liter beras.

Ide menukar sampah untuk bayar zakat ini muncul dari benak Gus In pendiri bank sampah karena melihat kesulitan dari warga yang kurang mampu, namun ingin menunaikan kewajibannya untuk berzakat terlebih saat kondisi ekonomi sulit di tengah pandemi.

Program yang telah berjalan 2 tahun ini mendapat sambutan positif dari warga. Tahun ini ada 10 orang yang berzakat dengan menukarkan sampah melalui bank sampah.

Menurut rencana hasil yang terkumpul akan disalurkan ke penerima zakat.

Penukaran sampah jadi zakat ini tak hanya dikhususkan bagi warga Koja, bank sampah Koja juga membuka kesempatan bagi warga lainnya yang ingin menukarkan sampah untuk berzakat.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:30
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO