Kompas TV nasional news or hoax

Viral Aksi Pemudik Nekat Berenang di Laut, Faktanya?

Senin, 10 Mei 2021 | 08:07 WIB
viral-aksi-pemudik-nekat-berenang-di-laut-faktanya
Viral para pemudik asal Madura nekat nyeberang ke laut yang diketahu hoaks (Sumber:kominfo.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Beredar sebuah foto yang menampilkan sejumlah orang sedang berenang di laut dengan latar belakang sebuah jembatan besar. Foto itu disertai keterangan yang menyebutkan aksi nekat orang Madura yang mudik dengan berenang menyeberangi laut menggunakan alat seadanya. 

Namun lama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Jumat (7/5/2021) memberikan penjelasan berdasarkan  penelusuran mereka.

 "Klaim bahwa foto tersebut merupakan aksi nekat pemudik di Madura adalah salah. Faktanya, melalui akun instagram resmi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memposting foto serupa dengan keterangan aksi para prajurit TNI Angkatan Laut (AL) saat melintasi selat Madura dari Surabaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 Pasmar-1 TNI AL pada tahun 2016," demikian penjelasan Kominfo.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Dosen dan Mahasiswa Ajak Warga Tidak Mudik


Ditambahhkan bahwa dalam unggahannya,  Khofifah juga mengingatkan jika ada pihak yang menarasikan foto tersebut sebagai aksi pemudik yang nekat menyeberangi Selat Madura, bisa dipastikan sebagai hoaks atau berita palsu.

Seperti diketahui, pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021 untuk mencegah meningkatnya virus corona Covid-19 di masyarakat.  Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021. 

Sebelumnya, pemerintah juga menerbitkan addendum yang mengatur aturan perjalanan yang dimulai 22 April lalu, sampai 24 Mei 2021. 

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:27
PEMERINTAH JEPANG SEBUT BARU 3% DARI 128 JUTA PENDUDUK YANG SUDAH MENDAPAT SUNTIKAN VAKSIN COVID-19   JEPANG INGIN 10.000 PENONTON HADIR SECARA LANGSUNG PADA SETIAP LOKASI PERTANDINGAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   RIZIEQ SHIHAB AKAN SAMPAIKAN DUPLIK KASUS TES USAP RS UMMI BOGOR DI PN JAKTIM HARI INI   PENGHAPUSAN FASILITAS GAJI TAMBAHAN DIREKSI PERTAMINA TELAH DILAKUKAN PADA SELASA, 15 JUNI 2021   KOMISARIS UTAMA PERTAMINA, BASUKI TJAHAJA PURNAMA: FASILITAS GAJI TAMBAHAN DIREKSI PERTAMINA DIHAPUS   KOMNAS HAM: BELUM ADA KONFIRMASI PIMPINAN KPK AKAN PENUHI PANGGILAN TERKAIT TWK   PENUTUPAN SEMENTARA SEJUMLAH RUAS JALAN DI KOTA BANDUNG GUNA MENEKAN ANGKA PENYEBARAN COVID-19   MULAI HARI INI, SEJUMLAH RUAS JALAN DI KOTA BANDUNG DITUTUP SEMENTARA SELAMA 14 HARI KE DEPAN   SATGAS COVID-19: JIKA PENULARAN KORONA TERUS TERJADI, PELUANG MUTASI COVID-19 MASIH ADA   SATGAS COVID-19: LAPORKAN DIRI KE PUSKESMAS JIKA BERKONTAK ERAT DENGAN PASIEN POSITIF KORONA   SATGAS COVID-19 MINTA SEMUA PIHAK DUKUNG UPAYA PENANGANAN PANDEMI KORONA DI INDONESIA   SATGAS COVID-19: MASKER MAKSIMAL DIGUNAKAN SELAMA 4 JAM, JIKA BASAH ATAU LEMBAB MAKA MASKER HARUS SEGERA DIGANTI   SATGAS COVID-19 SEBUT PENGGUNAAN MASKER TIDAK AKAN KURANGI JUMLAH OKSIGEN YANG MASUK KE DALAM TUBUH   SATGAS COVID-19: JANGAN RISIKOKAN DIRI BUKA MASKER DI RUANG TERTUTUP YANG BANYAK ORANG