Kompas TV cerita ramadan kalam

Bagaimana Cara Rasulullah Merayakan Idul Fitri?

Senin, 10 Mei 2021 | 06:35 WIB
bagaimana-cara-rasulullah-merayakan-idul-fitri
Ilustrasi Lebaran Idulfitri 2021. (Sumber: Tribun Ramadan)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Umat Islam di seluruh duni sebentar lagi akan merayakan Idul Fitri setelah selesai menunaikan ibadah puasa Ramadan 1442 H.

Setiap negara memiliki tradisi dan cara merayakan Idul Fitri masing-masing, mulai dari bersilaturahmi, saling memaafkan, makan besar, hingga bertukar hadiah.

Rasulullah Saw merupakan sosok teladan umat Muslim di seluruh dunia. Segala tindakannya dapat ditiru oleh umatnya, termasuk cara merayakan Idul Fitri.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah?

Lalu, bagaimana sebenarnya cara Rasulullah merayakan Idulfitri? Berikut ulasannya dirangkum dari Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Pada hari Idul Fitri, Nabi Muhammad Saw akan mengenakan pakaian terbaiknya dan menggunakan minyak wangi. Hal ini dilakukannya bukan hanya saat Idulfitri saja, tetapi juga saat Idul Adha.

Diriwayatkan dari Nafi bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya.” (HR. Alh-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

Setelah membersihkan diri dan memakai pakaian terbaik, Rasulullah Saw akan menyempatkan diri untuk memakan beberapa butir kurma dalam jumlah ganjil. Makan sebelum salat Id merupakan sunah Nabi yang bisa ditiru.

Baca Juga: Asal-usul Kata "Lebaran", Diperkenalkan Para Wali Menghormati Budaya Lokal

Pada waktu Idul Fitri, Rasulullah Saw tidak berangkat ke tempat salat sampai ia memakan semua buah dengan jumlah ganjil.” (HR Ahmad dan Bukhari).

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Oknum Polisi Terlibat Kasus Narkoba

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB
Berita Daerah

Bayi Ditemukan Dalam Selokan

Jumat, 17 September 2021 | 16:46 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19