Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ekonom Minta PPN Ditanggung Pemerintah, Sri Mulyani Bilang PPN Mau Naik di 2022

Senin, 10 Mei 2021 | 05:24 WIB
ekonom-minta-ppn-ditanggung-pemerintah-sri-mulyani-bilang-ppn-mau-naik-di-2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengimbau masyarakat Wajib Pajak segera melakukan pelaporan SPT Tahunan Pajak. (Sumber: Kemenkeu)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk meningkatkan penerimaan pajak tahun depan. Tarif PPN yang berlaku saat ini adalah sebesar 10 persen.

Sri Mulyani menyatakan, dalam rencana postur APBN 2022, penerimaan pajak ditawarkan sebesar Rp1.499,3 triliun hingga Rp1.528,7 triliun. Angka itu lebih tinggi dari proyeksi tahun ini, yang sebesar Rp1.444,5 triliun.

Menurut Sri Mulyani, kenaikan tarif PPN adalah bagian dari inovasi penggalian potensi pajak, dengan tetap menjaga iklim investasi dan keberlanjutan dunia usaha.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Sri Mulyani Disebut Beda Pendapat soal THR PNS, Ini Kata Istana

Untuk mengejar target penerimaan pajak, Kemenkeu juga akan memperluas basis pajak, menguatkan sistem perpajakan, dan memberi  insentif fiskal secara terukur.

“Jadi kami tetap akan menjalankan reform dengan menggali dan meningkatkan basis pajak, memperkuat sistem perpajakan dengan kortax,” kata Sri Mulyani di acara Musrenbangnas 2021, pada Selasa (04/05/2021).

Selain menaikkan tarif PPN, Kemenkeu juga berencana memungut pajak e-commerce dan menerapkan cukai plastik. 

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:05
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   JUNTA MILITER MYANMAR BUKA KASUS KORUPSI BARU YANG DILAKUKAN AUNG SAN SUU KYI DAN PEJABAT DI PEMERINTAHANNYA   CEGAH GANGGUAN PRODUKSI, PEMERINTAH KOREA SELATAN PERTIMBANGKAN RENCANA VAKSINASI PEKERJA PERUSAHAAN ELEKTRONIK   KANADA SIAP BANTU AMERIKA SERIKAT TERIMA MIGRAN AMERIKA TENGAH DARI PERBATASAN AS-MEKSIKO   UNIVERSITAS INDONESIA MASUK 300 BESAR PERGURUAN TINGGI TERBAIK DUNIA VERSI QUACQUARELLI SYMONDS   DUTA BESAR INDONESIA UNTUK PAKISTAN SEBUT KINERJA PERDAGANGAN RI-PAKISTAN CENDERUNG POSITIF DI TENGAH PANDEMI   KBRI UNTUK PAKISTAN GELAR DIALOG DENGAN PAKAR UNTUK TINGKATKAN KERJA SAMA EKONOMI INDONESIA-PAKISTAN   PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN SERAHKAN 31 BUKTI GUGATAN KE MAHKAMAH KONSTITUSI   SATGAS NEMANGKAWI TANGKAP KETUA KNPB-OPM WILAYAH MERAUKE TERKAIT HOAKS DAN UJARAN KEBENCIAN MENGANDUNG SARA   POLISI TANGKAP TERDUGA PENYELUNDUP 30.000 BENIH LOBSTER DI RUAS TOL TANGERANG-MERAK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO INGATKAN WARGA BANDUNG DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN MESKI SUDAH DIVAKSIN   TUJUH WARGA PALESTINA YANG MENGUNGSI DI SRENGSENG, KEMBANGAN, JAKBAR, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PANGLIMA TNI BERSAMA KAPOLRI DAN KEPALA BNPB TINJAU VAKSINASI COVID-19 DI GEDUNG SUDIRMAN BANDUNG, JAWA BARAT   WALI KOTA TANGERANG: KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI 32 RS COVID-19 TANGERANG CAPAI 52,54 PERSEN