Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Sudan Selatan Bubarkan Parlemen

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 22:50 WIB
presiden-sudan-selatan-bubarkan-parlemen
Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir bubarkan parlemen (Sumber: BBC)
Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JUBA, KOMPAS.TV - Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dikabarkan telah membubarkan parlemennya sendiri. Keputusan itu bertujuan untuk pengangkatan anggota parlemen dari pihak lawan.

Nantinya, anggota parlemen tidak dipilih melainkan dicalonkan oleh partai politik lawan.

Menurut aktivis dan masyarakat sipil, kebijakan tersebut harusnya dilakukan sejak perjanjian perdamaian dilakukan 3 tahun lalu.

Dalam perjanjian tersebut telah disepakati bahwa seperempat anggota parlemen akan berasal dari partai mantan musuh Kiir, Riek Machar.

Baca Juga: Harry Kane Minta Dijual, Manchester United Bersiap Berikan Tawaran

Untuk informasi, Sudan Selatan pernah mengalami konflik besar pada tahun 2013.

Konflik tersebut memakan 380.000 korban jiwa dan jutaan warga mengungsi sehingga dinobatkan sebagai krisis kemanusiaan terburuk di Afrika.

"Biarlah tidak memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Jika memungkinkan, presiden harus menunjuk parlemen baru pada hari Senin," ujar salah satu kelompok masyarakat sipil yang menandatangani kesepakatan damai, Edmund Yakani dikutip dari BBC.com, Minggu (9/5/2021).

Menurut laporan dari BBC, pemerintah persatuan sudah ada selama lebih dari setahun, namun karena masih banyak konflik antar etnis, PBB memperingatkan risiko kembalinya konflik skala besar di Sudan Selatan.

Baca Juga: Bentrokan Berdarah di Darfur Sudan Telan 129 Korban Jiwa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.