Kompas TV cerita ramadan cerita

Uhamka Hidupkan Ramadan dengan Syi`ar Positif dan Kreatif

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 19:52 WIB
uhamka-hidupkan-ramadan-dengan-syi-ar-positif-dan-kreatif
Gebyar Ramadan ajang kompetisi tingkat internasional diselenggarakan secara online (daring), dari Jakarta untuk mancanegara, Sabtu (17/4/2021). (Sumber: Dok Humas Uhamka)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meskipun wabah virus corona masih mengancam dalam kehidupan kita sehari-hari, namun bukan berarti segala aktivitas menjadi terhenti.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka (Uhamka) tetap merampungkan hajatan besarnya berupa gebyar ramadan dengan berbagai perlombaan tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Uhamka Kembangkan Big Data untuk Evaluasi Waktu Subuh dan Kalender Islam

"Kegiatan gebyar ramadan ini diikuti oleh 900 peserta secara virtual dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan luar negeri, serta SMA, MA, SMK, juga pesantren," ujar Muhammad Dwi Fajri, Ketua LPP AIK Uhamka dalam acara penutupan gebyar ramadan internasional dan pengumuman para pemenangnya, Sabtu (8/5/2021).

Menurut Dwi Fajri, tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka untuk menghidupkan Ramadan.

"Ramadan ini harus dihidupkan dengan sesuatu yang positif. Karena itu kita semua harus tetap semangat dan disiplin menjalankan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujarnya Dwi Fajri, dalam keterangan rilis, Minggu (9/5/2021).

Atas tercapai dan terselenggaranya gebyar ramadan dengan berbagai perlombaan nasional serta internasional itu, seorang peserta yang menjadi juara mengatakan sangat antusias.

"Gebyar Ramadan ini menurut saya berbeda dari lomba-lomba biasanya. Karena biasanya, kebanyakan lomba hafiz alqur`an hanya test hafalan. Tetapi di sini saya tertarik untuk mengembangkan pengetahuan saya tentang tajwid. Karena tajwid juga termasuk unsur penilaian dari lomba ini," kata peserta pemenang bernama Fathiyyah, utusan dari SMAN 1 Sumatera Barat (Sumbar) itu.

Menurutnya, walaupun di tengah pandemi dan diselenggarakan secara daring, namun kegiatan tersebut membawa banyak dampak positif. 

Baca Juga: Bentrokan Israel-Palestina di Masjid Al Aqsa Yerusalem, PP Muhammadiyah Minta PBB Tegas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x