Kompas TV internasional kompas dunia

Serpihan Roket China Jatuh di Samudra Hindia

Minggu, 9 Mei 2021 | 16:35 WIB
serpihan-roket-china-jatuh-di-samudra-hindia
Foto yang diambil pada 29 April 2021 memperlihatkan roket Long March 5B membawa modul stasiun luar angkasa China, Tianhe dari Pos Peluncuran Luar Angkasa Wenchang. Puing-puing besar roket itu diklaim China sudah jatuh dan hancur di Samudra Hindia, dekat Maladewa. (Sumber: AFP PHOTO/CHINA NEWS SERVICE/STR)

MALADEWA, KOMPAS.TV - Tinggalan roket terbesar China yang meluncur pekan lalu, dikonfirmasi telah jatuh di Samudra Hindia, tepatnya di titik koordinat 72,47 BT dan 2,65 LU, dekat dengan Maladewa, Minggu (9/5/2021).

Kantor Teknik Luar Angkasa Berawak China melaporkan serpihan roket Long March 5B yang beratnya mencapai 18 ton itu masuk ke atmosfer Bumi pada pukul 02.24 GMT atau 09.24 WIB Minggu pagi.

Dari laporan itu diketahui juga sebagian besar puing-puing roket telah terbakar di atmosfer.

Jatuhnya serpihan roket yang melaju dengan kecepatan sekitar 4,8 mil (13,7 km) per detik tersebut lantas menjadi perhatian serius dari otoritas Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri China, Jumat (7/5/2021), menyatakan masuknya puing roket Long March 5B ke Bumi itu sangat tidak mungkin menyebabkan bahaya, seperti dilansir dari Aljazeera, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga: Roket China Seberat 18 Ton akan Jatuh Tak Terkendali ke Bumi, Diperkirakan Minggu Dini Hari Nanti

Hal serupa juga disampaikan oleh kebanyakan ahli, yang mengatakan risiko bahaya dari jatuhnya serpihan roket China untuk manusia kecil.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:15
MILISI RAKYAT MYANMAR KLAIM TELAH TEWASKAN 165 PERSONEL JUNTA MILITER DALAM DUA BULAN TERAKHIR   JUNTA MILITER HANCURKAN PASOKAN MAKANAN DAN OBAT-OBATAN UNTUK PENGUNGSI DI MYANMAR   PERSATUAN BULU TANGKIS SELURUH INDONESIA (PBSI): MARKIS KIDO LAYAK DISEBUT SEBAGAI LEGENDA BULU TANGKIS   PEBULU TANGKIS MARKIS KIDO TIBA DI RUMAH SAKIT OMNI ALAM SUTERA DALAM KONDISI HENTI NAPAS DAN JANTUNG   PEBULU TANGKIS PERAIH MEDALI EMAS OLIMPIADE 2008, MARKIS KIDO, MENINGGAL DI USIA 36 TAHUN AKIBAT SAKIT JANTUNG   OJK AKAN BAHAS ATURAN MAIN ASET KRIPTO DAN BITCOIN DI INDONESIA DENGAN BAPPEBTI   MENDAG MUHAMMAD LUTFI SEBUT PERDAGANGAN GLOBAL DENGAN SARANA ELEKTRONIK CIPTAKAN PELAKU USAHA BARU YANG TANGGUH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: TOL TRANS-SUMATERA BISA TIMBULKAN DAMPAK EKONOMI LUAR BIASA   KEMENTAN BERI SUBSIDI BIAYA DISTRIBUSI KOMODITAS MAKANAN POKOK KE BEBERAPA DAERAH GUNA JAGA STABILITAS PASOKAN   KEMENKES: SEBANYAK 11.615.862 MASYARAKAT TELAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA   KETUA KPC-PEN AIRLANGGA HARTARTO: TUTUP SELURUH RUMAH IBADAH DI ZONA MERAH COVID-19 SELAMA DUA MINGGU   KETUA KPC-PEN AIRLANGGA HARTARTO MINTA SEKOLAH DI ZONA MERAH COVID-19 TIDAK LAKUKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KADINKES DKI: TIGA VARIAN BARU VIRUS KORONA DITEMUKAN DI JAKARTA   FAKULTAS KEDOKTERAN UGM: COVID-19 VARIAN INDIA MAMPU MEMENGARUHI SISTEM IMUN TUBUH MANUSIA