Kompas TV bisnis ukm

Shopee Gelar Festival Solo Raya, Ajak Warga Nikmati Produk UMKM Lokal dari Rumah

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 15:54 WIB
shopee-gelar-festival-solo-raya-ajak-warga-nikmati-produk-umkm-lokal-dari-rumah
Festival Solo Raya hadirkan produk-produk lokal dari pelaku UMKM Kota Solo. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rayakan momen Lebaran di rumah, platform e-commerce Shopee Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mengadakan Festival Solo Raya: Pilihan Produk Unggulan dari Kota Solo pada 9 - 12 Mei 2021.

Kampanye ini merupakan lanjutan kolaborasi setelah tandatangan kesepakatan antara Shopee dengan Pemkot di bulan April sebelumnya untuk memajukan dan mempersiapkan UMKM Solo Go Ekspor.

Sebagai dukungan terhadap UMKM lokal, festival ini menghadirkan produk-produk lokal dari pelaku UMKM Kota Solo melalui kanal #ShopeePilihLokal.

Besarnya potensi dari para pelaku UMKM di Kota Surakarta ini menandakan adanya ruang tumbuh bagi pengusaha lokal yang memproduksi usahanya sendiri serta meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi.

Baca Juga: Kerja Sama Shopee dan Pemkot Dukung UMKM Solo Go Ekspor

Dengan begitu, para pelaku usaha mikro Kota Solo bisa memenuhi faktor utama untuk melakukan ekspansi bisnis hingga menuju ekspor.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyampaikan, “Festival ini diharapkan dapat membantu mengobati kerinduan akan kampung halaman dan membantu menggerakkan roda perekonomian dengan produk-produk lokal.”

“Ini juga merupakan wujud nyata komitmen Shopee dalam mendukung perkembangan dan mendukung keberlangsungan dan peningkatan bisnis UMKM Solo,” imbuhnya.

Shopee turut menghadirkan promo menarik bagi pengguna dalam membeli berbagai produk UMKM lokal di Solo.

Promo Diskon s/d 80%, Voucher 50%, dan Gratis Ongkir dapat digunakan untuk membeli produk-produk Fashion, Makanan dan Minuman, serta Produk Kecantikan yang dibuat langsung oleh UMKM di Solo.

Dengan hadirnya berbagai promo dan produk menarik, program ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Shopee untuk membeli berbagai kebutuhan mulai dari pakaian buatan Solo dan produk makanan untuk menyambut Hari Raya Lebaran.

Baca Juga: Cara Bittersweet by Najla Dongkrak Penjualan Lewat Online

Selain itu, program ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbelanja hadiah yang bisa dikirimkan ke sanak saudara dan teman-teman meski belum dapat bersilaturahmi dan harus merayakan Idul Fitri dari rumah.

“Sebagai roda penggerak ekonomi dan dengan kemudahan belanja online, para pelaku UMKM dapat berkembang melalui produk lokal yang bisa terus dinikmati oleh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada,” tutup Handhika.

Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee. 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Shopee menargetkan total 10.000 eksportir baru dari para pelaku UMKM Solo pada akhir tahun ini sekaligus menjadikan Kota Solo sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan Ekspor UMKM pertama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.