Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ramai Bipang Ambawang Dalam Pidato Jokowi, Ini Kata Ngabalin

Minggu, 9 Mei 2021 | 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengaku heran publik mempersoalkan terkait bipang dalam pidato Jokowi. 

Ia mempertanyakan apa yang salah dengan pidato tersebut.

“Dalam rangka mempromosikan, kan kita cinta produk khas nusantara, produk dalam negeri, jadi memang ketika bicara tentang lebaran, orang mengindentikan pulang kampung orang Islam, padahal asisten rumah tangga bang Ali lebaran kali ini juga pulang, beliau nasrani. Tanggal 13 mei besok hari Kenaikan Isa Almasih juga loh. Tidak ada yang perlu di filter, tidak ada pernyataan salah, salah yang mana.”jelas Ngabalin dalam live wawancara bersama KompasTV. 

Menurutnya konteks Jokowi mengatakan hal seperti itu untuk mengajak masyarakat bangga dengan produk lokal Indonesia.

Sebelumnya kuliner Bipang Ambawang dari Kalimantan Barat disebut Jokowi dapat menjadi pilihan kuliner untuk dipesan online. 

Hal itu Jokowi sampaikan saat memberikan pidato di Youtube Kementerian Perdangangan.

Publik mempersoalkan pilihan bipang yang adalah babi panggang untuk kuliner yang dikaitkan dengan hari raya lebaran.

Namun terkait ini Menteri Perdangangan Muhammad Lutfi menjelaskan telah terjadi kesalahpahaman. 

Menurutnya apa yang disampaikan Jokowi bukan tertuju pada umat Islam semata, namun ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Video Editor: Vila
 

Penulis : Yuilyana





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:32
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JAKARTA CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG INI   BANJIR KELUHAN PPDB JAKARTA, DISDIK PERTIMBANGKAN PEMBAGIAN WAKTU PENDAFTARAN BERDASARKAN JENJANG   OMBUDSMAN DKI JAKARTA SEBUT SERVER SITUS PPDB JAKARTA TIDAK SIAP HADAPI "TRAFFIC" TINGGI   SATGAS TEGASKAN PEMBUKAAN SEKTOR PENDIDIKAN DILAKUKAN BERTAHAP SESUAI DENGAN KESIAPAN MASING-MASING DAERAH   SATGAS COVID-19: PEMBELAJARAN TATAP MUKA HANYA BOLEH DILAKUKAN DUA HARI DALAM SEMINGGU   SATGAS COVID-19: PEMBELAJARAN TATAP MUKA YANG DIGELAR PADA JULI MENDATANG DILAKUKAN SECARA TERBATAS   DISDIK DKI JAKARTA MEMPERPANJANG WAKTU PENDAFTARAN PPDB HINGGA 10 JUNI 2021   KEPALA BPKH ANGGITO ABIMANYU: LAPORAN KEUANGAN DIAUDIT SECARA RUTIN OLEH BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK)   KEPALA BPKH ANGGITO ABIMANYU PASTIKAN DANA MILIK CALON JEMAAH HAJI YANG TERTUNDA KEBERANGKATANNYA AMAN    HARI INI KOMNAS HAM JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PIMPINAN KPK SOAL LAPORAN DUGAAN PELANGGARAN HAM DALAM TWK   SEBANYAK 48 WARGA GANDASARI, KOTA TANGERANG, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, SALAH SATUNYA BAYI BERUSIA 1 TAHUN    AKSES KOMUNIKASI DENGAN SEMUA PIHAK DIPERLUKAN BAGI UTUSAN KHUSUS ASEAN   UTUSAN KHUSUS ASEAN UNTUK MYANMAR HARUS MEMILIKI MANDAT JELAS   MENLU RETNO MARSUDI SEBUT IMPLEMENTASI 5 KONSENSUS ASEAN PENTING DIPERCEPAT