Kompas TV nasional sosial

Sayangkan Putusan MA, Berikut 7 Poin Dukungan KPAI Terhadap SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah

Minggu, 9 Mei 2021 | 16:05 WIB
sayangkan-putusan-ma-berikut-7-poin-dukungan-kpai-terhadap-skb-3-menteri-tentang-seragam-sekolah
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan keputusan Majelis Hakim atas uji materi yang membatalkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Pasalnya, KPAI turut mendukung SKB yang diusulkan oleh tiga menteri.

SKB 3 Menteri tersebut berisi tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Baca Juga: Kemenag Hormati Putusan MA Batalkan SKB 3 Menteri Soal Seragam Keagamaan di Sekolah

SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

KPAI mendukung SKB 3 Menteri tersebut dengan tujuh pertimbangan, sebagai berikut:

1. SKB 3 Menteri tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan hanya berlaku di Lingkungan Sekolah yang diselenggarakan Pemerintah Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sudah tepat.

2. Penyelenggaran pendidikan di sekolah-sekolah negeri yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah sudah seharusnya memperkuat nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta tempat menyemai keragaman.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:05
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MAYJEN DUDUNG ABDURACHMAN RESMI MENJABAT PANGLIMA KOMANDO CADANGAN STRATEGIS   KASUS COVID-19 DI BANGKALAN MENINGKAT, KETUA SATGAS MINTA PROSES "TESTING, TRACING, & TREATMENT" DITINGKATKAN   KSP: PASAL PEMIDANAAN PENGHINA PRESIDEN DI RKUHP UNTUK JAGA KEHORMATAN KEPALA NEGARA   SOAL PASAL PENGHINAAN PRESIDEN DI RKUHP, TENAGA AHLI UTAMA KSP ADE IRFAN PULUNGAN: BUKAN UNTUK PENGKRITIK   PEMPROV DKI BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK SELURUH WARGA JAKARTA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   DPR TUNGGU SURAT PRESIDEN UNTUK MEMBAHAS REVISI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: SKB PEDOMAN KRITERIA IMPLEMENTASI UU ITE SEGERA DILUNCURKAN   WAKIL KETUA BALEG DPR WILLY ADITYA SEBUT PIHAKNYA SAMBUT BAIK RENCANA PEMERINTAH MEREVISI UU ITE   KEMENTERIAN AGAMA: PENUNDAAN HAJI 2 TAHUN TERAKHIR SEMAKIN MEMPERPANJANG ANTREAN HAJI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PEMBANGUNAN LRT JABODEBEK CAPAI 84,6 PERSEN, DITARGETKAN BEROPERASI PADA 2022   PRESIDEN JOKOWI INGIN INDONESIA DAPAT MENGEKSPOR LRT KE BERBAGAI NEGARA DI MASA DEPAN   TINJAU STASIUN LRT TMII, PRESIDEN JOKOWI HARAP UJI COBA LRT JABODETABEK APRIL, OPERASIONAL JUNI 2022    MENTERI PPPA: LAPORKAN KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI LAYANAN SAPA 129 ATAU WHATSAPP 08111-129-129