Kompas TV nasional sosial

PP Muhammadiyah Sayangkan 'Bersedia Lepas Jilbab' Ditanyakan dalam Tes Wawasan Kebangsaan KPK

Minggu, 9 Mei 2021 | 10:42 WIB
pp-muhammadiyah-sayangkan-bersedia-lepas-jilbab-ditanyakan-dalam-tes-wawasan-kebangsaan-kpk
Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah (Sumber: muhammadiyah.or.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menyayangkan 'bersedia lepas jilbab' ditanyakan dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status pegawai antirasuah menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Saya sangat menyayangkan kalau memang benar ada pertanyaan yang terkait dengan kesediaan melepas jilbab," kata Abdul Mu'ti Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: KPK akan Periksa Keabsahan Surat Penonaktifan 75 Pegawai

Menurut Mu'ti, pertanyaan itu dinilai bertentangan dengan hak asasi manusia (HAM). Pasalnya, tes wawasan kebangsaan tidak ada urusannya dengan jilbab.

"Itu merupakan pertanyaan yang bertentangan hak asasi dan ranah kehidupan pribadi," tambahnya.

Selain itu, pertanyaan yang cenderung tendensius itu justru akan berpotensi memecah belah bangsa.

Diketahui sebelumnya, beberapa pertanyaan sensitif dan tidak memiliki hubungan langsung dengan wawasan kebangsaan ramai dibicarakan publik. Salah satunya mengenai pegawai perempuan yang ditanya terkait jilbab.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:21
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT