Kompas TV internasional kompas dunia

Trending, Wisata Luar Angkasa Kini Bisa Dilakoni Siapapun yang Mampu Membayar, Anda Berminat?

Minggu, 9 Mei 2021 | 15:00 WIB
trending-wisata-luar-angkasa-kini-bisa-dilakoni-siapapun-yang-mampu-membayar-anda-berminat
Pemandangan Bumi dilihat dari luar angkasa. Foto diambil oleh astronot NASA Reid Wiseman pada 2 September 2014. (Sumber: NASA via AP)

FLORIDA, KOMPAS.TV – Wisata ke luar angkasa kini trending di Amerika Serikat (AS). Sejumlah perusahaan di negara itu kini mulai menawarkan perjalanan mengorbit bumi bagi siapapun yang mampu membayar.

Wisata luar angkasa sebenarnya bukan hal baru. Dua puluh tahun lalu, seorang pengusaha California bernama Dennis Tito membayar USD 20 juta atau senilai hampir Rp 283 miliar untuk mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan sebuah roket Rusia pada 28 April 2001.

Baca Juga: Sambut Astronot Baru SpaceX Crew Dragon, Stasiun Luar Angkasa Internasional Dipenuhi 11 Astronot

Operator wisata luar angkasa Space Adventures yang berbasis di Virginia, AS, mengatur perjalanan Tito selama seminggu ke luar angkasa. Setelah Tito, tercatat tujuh orang turis lain mengikuti langkahnya berwisata ke luar angkasa.

Salah satu pendiri dan CEO Space Adventures, Eric Anderson, menyatakan, “Publik Amerika menyukainya dan mereka berpikir seperti ini, “Hei, tunggu dulu, ternyata bukan cuma orang kaya saja yang berwisata ke luar angkasa!”

“Sekarang, siapapun yang menghasilkan uang banyak, bisa bepergian ke luar angkasa,” tambah Anderson, seperti dilansir dari The Associated Press, Rabu (5/5/2021) pekan ini.

Baca Juga: Bagaimana Rasa Anggur yang Disimpan Setahun di Luar Angkasa? Ada Sensasi Terbakar dan …

Ya, kini, wisata luar angkasa pun bisa dilakoni siapapun yang mampu membayarnya.

Alan Shepard, astronot Amerika Serikat (AS) saat menjelajah ke luar angkasa pada 5 Mei 1961. Shepard menjadi orang AS pertama yang menjelajah ke luar angkasa. (Sumber: NASA via AP)

Semua ini berawal dari perjalanan Alan Shepard, warga negara AS pertama yang terbang ke luar angkasa pada 5 Mei 1961 silam. “Indahnya pemandangan ini!” serunya ketika itu.

Tapi sesungguhnya, Shepard jadi orang nomor dua di dunia yang menjelajah luar angkasa. Uni Soviet sudah lebih dulu mengirim kosmonot Yuri Gagarin ke luar angkasa tiga pekan sebelumnya. Kapsul Shepard, Freedom 7, terbang hingga ketinggian 186 kilometer di luar angkasa sebelum kemudian melayang dengan parasut dan mendarat di Samudera Atlantik.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19