Kompas TV nasional peristiwa

Eks Petinggi Sunda Empire Bongkar Keberadaan Sunda Nusantara: Tak ada Hubungannya dengan Kami

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 03:03 WIB
eks-petinggi-sunda-empire-bongkar-keberadaan-sunda-nusantara-tak-ada-hubungannya-dengan-kami
Petinggi Sunda Empire, Rangga Sasana hadir di Mapolda Jawa Barat untuk menjalani pemeriksaan. (Sumber: KompasTV Jawa Barat)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ramai munculnya Kekaisaran Sunda Nusantara secara tak langsung turut mengkaitkannya dengan Sunda Empire.

Eks petingi Sunda Empire, Raden Rangga Sasana pun buka suara terkait hal tersebut dan membongkarnya.

Melalui kuasa hukumnya Erwin Syahrudin, Rangga menyatakan bahwa Sunda Nusantara tidak berkaitan dengan dengan Sunda Empire.

"Kekaisaran Sunda Nusantara tersebut tidak ada hubungan sama sekali, apalagi hubungan garis lurus, sungguh tidak ada hubungan tersebut antara Sunda Empire - Earth Empire  X  Kekaisaran Sunda Nusantara (yang lagi ramai diberitakan)," kata Rangga yang disampaikan Erwin, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: Didatangi Polisi, Panglima Sunda Nusantara Alex Ahmad Akui Mundur dari Jabatan

Menurut Rangga, dirinya tak mengenal Kekaisaran Sunda Nusantara dan para petingginya.

"Romo sama sekali tidak ada hubungan mereka dan tidak mengenal mereka kekaisaran Sunda Nusantara (Rusdi cs)," ungkap Rangga.

Meski begitu, Rangga menjelaskan bahwa wilayah Sunda Empire terdiri dari Sunda Atlantik, Sunda Nusantara, Sunda Archipelago, Sunda Mailand, Sunda Pasific, dan Sunda Eropa.

"Tidak ada hubungan sama sekali dengan Sunda Empire. Mereka jalan dengan sistem sendiri, mereka ngawur karena di luar sistem Sunda Empire," tuturnya.

"Contoh Sunda Nusantara kaisarnya tidak jelas dan bahwa Nusantara di bawah archipelago itu tidak ada dalam kedaulatan, kemudian mengubah pelat nomor, STNK, SIM itu di luar sistem Sunda Empire," tambah mantan petinggi Sunda Empire itu dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Begini Pengakuan Adik Ipar Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara

Seperti diberitakan KompasTV sebelumnya, terungkapnya Kekaisaran Sunda Nusantara berawal dari petugas yang menilang mobil Pajero warna hitam yang dikemudikan Rusdi Karepesina beberapa waktu lalu.

Kendaraan tersebut berplat SN 45 RSD yang ternyata pelat palsu, bahkan pengemudi tak bisa memperlihatkan surat ijin mengemudi (SIM).

Namun petugas menemukan identitas tak resmi yang tertulis bahwa pengemudi merupakan warga negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Polisi pun kemudian mengamankan pengemudi yang diketahui Rusdi itu ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Ini yang akan Dilakukan Petinggi Sunda Empire Raden Rangga Usai Bebas: Ingin Buat Konten Bermanfaat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.