Kompas TV internasional kompas dunia

Lebih 2.700 Tahanan dan Narapidana di Amerika Serikat Meninggal Akibat Terinfeksi Covid-19

Kompas.tv - 8 Mei 2021, 23:30 WIB
lebih-2-700-tahanan-dan-narapidana-di-amerika-serikat-meninggal-akibat-terinfeksi-covid-19
Lebih 2.700 Tahanan dan Narapidana di Amerika Serikat Meninggal Akibat Terinfeksi COVID-19. Pandemi Covid-19 terutama telah merusak sistem peradilan pidana di Amerika Serikat. Puluhan ribu sidang pengadilan dan sidang pembebasan bersyarat dibatalkan. (Sumber: Wikimedia Commons)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Virus Corona melanda penjara negara bagian, penjara lokal, dan pusat penahanan imigrasi di Amerika Serikat (AS) selama setahun terakhir.

Pandemi Covid-19 yang melanda penjara dan pusat penahanan imigrasi AS ini telah menewaskan lebih dari 2.700 orang tahanan, seperti dilaporkan The New York Times, Jumat (7/5/2021).

"Angka kematian ini memunculkan pertanyaan yang meresahkan tentang bagaimana sistem peradilan negara merespons pandemi yang menginfeksi para tahanan dengan laju lebih dari tiga kali lipat dari level nasional," ungkap laporan itu.

Baca Juga: Jerman Tolak Proposal Amerika Serikat Untuk Lepas Sementara Hak Paten Vaksin Covid-19

Pandemi Covid-19 terutama telah merusak sistem peradilan pidana di Amerika Serikat. Puluhan ribu sidang pengadilan dan sidang pembebasan bersyarat dibatalkan.

Banyak keluarga mengatakan mereka tidak mampu membayar uang jaminan bahkan dalam jumlah kecil di tengah rekor hilangnya lapangan pekerjaan.

Selain itu, berbagai fasilitas mengalami kekurangan sarana untuk menangani wabah virus yang menyebar dengan cepat, khususnya di fasilitas yang tertutup.

Beberapa kota dan negara bagian membebaskan tahanan mereka selama pandemi sebagai langkah pencegahan.

Baca Juga: Amerika Serikat Timbun Vaksin Covid-19, Netizen Media Sosial Dunia Murka

Namun, sebagian besar negara bagian di AS menolak seruan untuk membebaskan tahanan lebih awal atau mempercepat pembebasan bersyarat, ungkap laporan itu.

Ilustrasi Virus Corona. Lebih 2.700 Tahanan dan Narapidana di Amerika Serikat Meninggal Akibat Terinfeksi Covid-19. Pandemi Covid-19 terutama telah merusak sistem peradilan pidana di Amerika Serikat. (Sumber: SHUTTERSTOCK/PETERSCHREIBER MEDIA)

Dihantam penularan dan kematian akibat Covid-19 yang meningkat, penjara-penjara lokal dan sistem penjara negara bagian di AS menggunakan strategi "radikal" untuk mencegah penyebaran virus tersebut, dengan sepenuhnya menutup penjara dan memindahkan tahanan mereka ke tempat lain, paparnya.

Penjara lokal dan penjara negara bagian yang tetap buka kemungkinan akan menjadi semakin padat, tidak sehat, dan dipenuhi penyakit.

Baca Juga: Amerika Serikat Kirim Bantuan Generator Oksigen untuk India

Karena itu, memindahkan tahanan kemungkinan besar malah akan membantu virus berkembang biak di dalam maupun luar dinding penjara, lanjut laporan itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.