Kompas TV regional peristiwa

Ini Dia Identitas KKB Terlibat Kontak Tembak di Ilaga, Satgas Nemangkawi: Ada 3 Kelompok Teroris

Kompas.tv - 8 Mei 2021, 22:40 WIB
ini-dia-identitas-kkb-terlibat-kontak-tembak-di-ilaga-satgas-nemangkawi-ada-3-kelompok-teroris
Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Goliath Tabuni (kiri) dan Lekagak Telenggen (kanan) dengan membawa senjata laras panjang mereka. (Sumber: Facebook/Komnas-TNPB via Tribunnews)
Penulis : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah lagi pada Kamis (6/5/2021) sehingga terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri di daerah Ilaga, Puncak, Papua.

Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi pun sudah mengantongi identitas KKB yang saat ini sudah ditetapkan sebagai organisasi teroris tersebut.

“Ada tiga kelompok yang terlibat. Seperti kelompok teroris (KKB) pimpinan Legakak Telenggen, kelompok Larie Mayu, dan kelompok Mamboan," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: TOP 3 NEWS: Mendag Soal Bipang Ambawang, KKB Serang Polsek Ilaga, Ratusan Motor Terobos Penyekatan

Menurut Iqbal kontak tembak terjadi lantaran KKB disebut memulai penyerangan terlebih dahulu. Dia bilang, KKB Papua sengaja membuat keresahan di tanah Papua.

"Mereka ini sengaja membuat teror di masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan kondisi Papua telah terkendali pasca kontak tembak tersebut. Sebaliknya, masyarakat telah beraktivitas seperti biasa.

"Pasca kontak tembak, masyarakat kembali beraktivitas dengan aman di bawah perlindungan TNI-Polri. Tidak ada pengungsi di Ilaga, yang ada adalah masyarakat mengamankan diri dari serangan KKB. Setelah aman masyarakat kembali beraktivitas," tutur Iqbal dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Perburuan Terus Dilakukan, Kapolda Papua Ternyata Minta Anggota KKB Ditangkap Hidup-hidup, Ada Apa?

Seperti diberitakan KompasTV sebelumnya, KKB wilayah Pegunungan Illaga Papua yang kini tengah diburu oleh TNI-Polri kembali berulah dan melakukan penembakan ke arah aparat TNI-Polri.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombespol M Iqbal Al Qudusy membenarkan peristiwa tersebut.

"Bahwa benar pada hari Kamis 06 Mei 2021 Pukul 19:07 WIT telah terjadi Kontak tembak antara TNI-Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kampung Kimak Distrik ilaga kabupaten Puncak," ungkap Iqbal.

Ia menyebutkan bahwa ada sebagian masyarakat yang mengamankan diri menuju kota Ilaga karena takut akan Kelompok Teroris KKB yang melakukan serangan ke posko aparat.

"Saat ini TNI-Polri sedang melakukan Pengejaran dan meningkatkan Keamanan di sekitar Kota Ilaga," tandas dia.

Baca Juga: Kapolda Papua Sebut 6 KKB yang Masih Aktif, Lekagak Telenggen hingga Egianus Kogoya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.