Kompas TV internasional kompas dunia

Roket China Seberat 18 Ton akan Jatuh Tak Terkendali ke Bumi, Diperkirakan Minggu Dini Hari Nanti

Kompas.tv - 8 Mei 2021, 18:08 WIB
roket-china-seberat-18-ton-akan-jatuh-tak-terkendali-ke-bumi-diperkirakan-minggu-dini-hari-nanti
Roket Long March 5B yang membawa modul untuk stasiun luar angkasa China. Puing-puing roket ini sedang jatuh ke bumi tak terkendali. (Sumber: Guo Wenbin/Xinhua via AP)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

BEIJING, KOMPAS.TV - Reruntuhan roket China bernama Long March 5B sedang jatuh tak terkendali ke bumi. Puing ini akan sampai di permukaan bumi pada Minggu (9/5/2021).

Melansir BBC, roket ini adalah bagian dari alat pengangkut modul pertama bagian dari stasiun luar angkasa China yang baru. Pemerintah China meluncurkan roket itu 29 April 2021 silam.

Roket itu diluncurkan hingga mencapai orbit sejauh 160 kilometer hingga 375 kilometer di atas permukaan bumi.

Baca Juga: Pemimpin Iran Sebut Israel sebagai Markas Teroris, Bukan Sebuah Negara

Puing roket itu memiliki berat 18 ton. Ini menjadikannya salah satu benda terbesar yang digunakan untuk mengangkasa dalam 10 tahun terakhir.

Sebagian besar benda raksasa itu akan terbakar saat jatuh melewati atmosfer. Akan tetapi, ada kemungkinan puing roket yang terbuat dari material dan logam tertentu dapat bertahan hingga tiba di permukaan bumi.

Berbagai ahli pemodelan puing-puing ruang angkasa memperkirakan benda ini akan tiba di bumi sekitar pukul 04.00 dini hari WIB hingga 14.00 WIB, Minggu (9/5/2021). Namun, proyeksi seperti itu selalu sangat tidak pasti.

“Kami tidak dapat benar-benar mengatakan dengan tepat kapan itu akan terjadi,” ujar Nicolas Bobrinsky, Kepala Teknik dan Inovasi European Space Agency (ESA), dilansir dari Kompas.com.

Hal ini mengingat ketinggian orbit roket dan sifat unik tingkatan atmosfer yang lebih rendah.

“Bahkan satu jam sebelum benturan, tingkat ketidakpastian akan tinggi," imbuh Bobrinsky.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x