Kompas TV klik360 sinau

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Memelihara Kucing, Cat Lovers Wajib Tahu!

Sabtu, 8 Mei 2021 | 18:31 WIB

KOMPAS.TV - Kucing sebagai hewan peliharaan kerap dijadikan pilihan oleh banyak orang karena tingkahnya yang menggemaskan.

Setiap kucing memiliki kepribadian berbeda, sehingga pemilik perlu memperhatikan hal-hal tertentu saat memutuskan untuk memelihara kucing.

Berikut tujuh hal yang tidak boleh dilakukan pada kucing peliharaan:

1. Memaksakan perhatian pada kucing

Kucing menyukai perhatian manusia dengan cara mereka sendiri. Itulah kenapa pemilik kucing tidak boleh memaksa kucingnya untuk bersosialisasi atau berpelukan saat mereka sedang tidak mood.

2. Membawa tanaman ke rumah

Jangan sekali-kali membawa tanaman atau bunga ke dalam rumah sebelum memastikannya aman dan tidak beracun bagi kucing.

3. Membiarkan kucing bermain dengan benang

Benang adalah mainan yang tidak aman untuk kucing. Jika tertelan, usus kucing menjadi berkerut dan kusut saat mencoba mengeluarkan benang.

Hal ini bisa mengakibatkan kematian, bagian usus harus diangkat melalui pembedahan.

4. Mengajari bermain dengan tangan

Selama waktu bermain, pemilik kucing harus menghindari menggunakan tangan mereka sendiri sebagai umpan. Ini karena kucing telah terprogram untuk mengejar dan berburu mangsa.

5. Menghukum kucing secara langsung

Melatih kucing tidak semudah seperti anjing. Kucing sangat peka terhadap suara keras dan suara yang tinggi.

Kucing dapat menganggap orang yang membuat suara ini sebagai ancaman dan akan mulai menghindarinya.

6. Membiarkan kucing sendirian lebih dari 24 jam

Meski ditinggalkan makanan dan air yang cukup, kucing tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Pada kenyataannya, seseorang harus memeriksa kucing setidaknya setiap 24 jam.

7. Mengabaikan perubahan perilaku kucing

Perubahan perilaku kucing yang dapat diamati di antaranya berhenti makan, menyendiri, berhenti berinteraksi, bahkan menjadi agresif.

Jika melihat perubahan perilaku kucing secara drastis, konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan apakah ada alasan medis.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:33
KRI JOHN LIE-358 TNI AL SELAMATKAN ABK KAPAL ASING YANG HILANG DI LAUT NATUNA   KETUA MPR: UPAYA DISKUSI MENYELESAIKAN PERSOALAN DI PAPUA TELAH DILAKUKAN PEMERINTAH SEJAK ERA PRESIDEN BJ HABIBIE   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO PERTANYAKAN ADANYA DORONGAN DISKUSI UNTUK MENGHENTIKAN KEKERASAN DI PAPUA   POLDA SUMATERA UTARA ANCAM SANKSI TEGAS PETUGAS YANG LOLOSKAN PEMUDIK DI POS PENYEKATAN PERBATASAN   PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG, BATAM, MASIH LAYANI PENUMPANG YANG PENUHI SYARAT SELAMA MASA LARANGAN MUDIK   DPMPTSP: DARI RIBUAN PENGAJUAN SIKM YANG DITERIMA, SEBANYAK 312 PERMOHONAN DITERBITKAN DAN 484 DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   HARI KETIGA LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PASAR SENEN TURUN 90 PERSEN   KETUA DPRD KOTA BOGOR ATANG TRISNANTO: LARANGAN MUDIK LOKAL JABODETABEK TIMBULKAN KEBINGUNGAN DI MASYARAKAT   KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KAWASAN MONAS, JAKPUS, DIPASTIKAN MASIH DITUTUP UNTUK WISATAWAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2021   POLISI: TERSANGKA PENYEBAR AJAKAN DEMO DI TOL MENGAKU HANYA TERUSKAN PESAN DARI GRUP WHATSAPP   POLISI TANGKAP TIGA ORANG YANG SEBARKAN AJAKAN DEMO DI JALAN TOL DEMI BISA MUDIK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.530: 3.577 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 764 DALAM PERAWATAN