Kompas TV religi beranda islami

Hati Yang Condong Kepada Allah

Sabtu, 8 Mei 2021 | 12:30 WIB

Di dalam anggota tubuh yang manusia miliki, hati adalah yang terpenting serta utama sebab baik atau buruknya seluruh anggota tubuh manusia itu tergantung dari baik atau buruknya hati.

Sebagaimana Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik maka akan baik seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging itu buruk maka akan buruk seluruh tubuhnya, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia". [HR Bukhari no.52 dan Muslim no.1599].

Kebaikan amalan badan seseorang serta kemampuannya untuk menjauhkan keharaman, juga meninggalkan perkara syubhat (yang masih samar hukumnya), itu semua tergantung pada baiknya hati, demikian yang dikatakan Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah (Jaami'ul Ulum wal Hikam, 1;210).

Itulah sebabnya Nabi selalu minta dalam do'anya agar hatinya senantiasa dijaga dalam kebaikan,

"Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi 'alaa diinik"

"Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku diatas agama-Mu."

Demikian pentingnya menjaga hati agar tidak rusak oleh dosa yang cenderung menyeret manusia untuk menjauhi-Nya.

Rusaknya hati seperti dijelaskan Syaikh Sholih Al Fauzan adalah bila terjerumus pada perkara syubhat, terjatuh dalam maksiat dengan memakan yang haram. Bahkan seluruh maksiat bisa merusak hati, seperti dengan memandang yang haram, mendengar yang haram. Jika seseorang melihat sesuatu yang haram, maka rusaklah hatinya.

Jika seseorang mendengar yang haram seperti mendengar nyanyian dan alat musik, maka rusaklah hatinya. Hendaklah kita melakukan sebab supaya baik hati kita. Namun baiknya hati tetap di tangan Allah. (Al Minhah Ar Robbaniyah, 110).

Wallahu'alam bis shawab

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:34
PERSATUAN SEPAK TAKRAW INDONESIA (PSTI) PAPUA TELAH MEMPERSIAPKAN 14 ATLET SEPAK TAKRAW KE PON XX 2021   PROVINSI PAPUA TARGETKAN PEROLEHAN MEDALI EMAS SEBANYAK-BANYAKNYA PADA PON XX 2021   BENDUNGAN BENER DI DESA GUNTUR, PURWOREJO, JATENG, DITARGETKAN RAMPUNG DAN BEROPERASI PADA 2023   PROYEK BENDUNGAN BENER DI DESA GUNTUR, PURWOREJO, JATENG, AKAN JADI BENDUNGAN TERTINGGI DI INDONESIA   KEPALA SKK MIGAS MINTA PROYEK PENGEMBANGAN GAS LAPANGAN JAMBARAN-TIUNG BIRU (JTB) SEGERA TUNTAS    STAFSUS MENKEU MINTA MASYARAKAT TAK PERLU KHAWATIR KARENA PEMERINTAH AKAN BERIRINGAN DENGAN KEPENTINGAN RAKYAT   SOAL PPN SEMBAKO HINGGA KARBON, KEMENKEU: KAMI DESAIN RUU UNTUK TANGKAL PENGHINDARAN PAJAK MASIF   DIRUT TRANSJAKARTA: INDUSTRI PENERBANGAN MERUPAKAN BAROMETER BIDANG KESELAMATAN & KEAMANAN BAGI INDUSTRI LAIN   TRANSJAKARTA AKAN ADOPSI SISTEM KESELAMATAN DAN KEMANAN MASKAPAI PENERBANGAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA KAPOLRI SEGERA MENINDAK PUNGLI DI KAWASAN TERMINAL PELABUHAN TANJUNG PRIOK    PRESIDEN JOKOWI TEMUKAN LANGSUNG ADANYA PUNGLI DI KAWASAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN HAMPIR PENUH, PENGELOLA SIAPKAN TIGA TEMPAT TIDUR DALAM SATU KAMAR   PRESIDEN JOKOWI: PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO BERBASIS BANJAR DAN DESA ADAT DI BALI JUGA HARUS DIEFEKTIFKAN   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN KUNCI UTAMA PEMULIHAN EKONOMI BALI ADALAH KEMAMPUAN DALAM TANGANI PANDEMI