Kompas TV nasional politik

85 WN Tiongkok Masuk Indonesia di Tengah Peniadaan Mudik, PKS Minta Pemerintah Tidak Inkonsisten

Jumat, 7 Mei 2021 | 23:25 WIB
85-wn-tiongkok-masuk-indonesia-di-tengah-peniadaan-mudik-pks-minta-pemerintah-tidak-inkonsisten
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ada WNA asal India berhasil lolos dari karantina Covid-19 berkat bantuan orang yang mengaku petugas bandara. (Sumber: KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah diminta tidak inkonsisten dalam kebijakan pengendalian Covid-19. Pernyataan itu disampaikan terkait masuknya warga negara Tiongkok ke Indonesia di tengah kebijakan larangan mudik Lebaran.

“Jangan sampai publik menilai pemerintah inkonsisten dalam kebijakan pengendalian Covid-19,” tegas Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Lebih lanjut, Politikus PKS tersebut meminta pemerintah dapat menjelaskan tujuan datangnya warga negara Tiongkok tersebut ke Indonesia.

Baca Juga: Bikin Heboh, WNA di Bali Kembali Adakan Kelas Orgasme

“Agar isu ini tidak menjadi bola liar, pemerintah harus terbuka menjelaskan ke publik alasan dan tujuan WN Cina tersebut masuk Indonesia. Masyarakat saat ini sedang sensitif, pemerintah seharusnya peka,” ujar Netty.

“Masyarakat dilarang mudik, tetapi WN Cina bebas masuk ke Indonesia, ini yang membuat masyarakat tidak terima,” tambahnya.

Di samping itu, Netty menegaskan pemerintah wajib melakukan pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat terhadap WNA yang masuk Indonesia. Mengingat baru-baru ini ada kejadian mafia karantina dan mafia alat rapid test bekas yang membuat Indonesia malu di mata internasional.

“Kalau ini terjadi lagi, bisa-bisa negara kita bakal disepelekan. Orang luar bisa berpikir kalau ada uang, semua peraturan di Indonesia bisa dikompromikan,” kata Netty.

Berkaca pada pelajaran lebaran tahun lalu, Pemerintah menerapkan peniadaan mudik mulai 6-17 Mei 2021. Tujuannya, untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yang hampir dipastikan terjadi pasca-libur Panjang.

Baca Juga: Mengaku Seniman dan Bisnisnya Bangkrut karena Pandemi, WNA Italia Ini Jadi Pengemis di Bali

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19