Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Nepal Terancam Alami Krisis Covid-19 Seperti India

Jumat, 7 Mei 2021 | 23:10 WIB
kasus-covid-19-melonjak-tajam-nepal-terancam-alami-krisis-covid-19-seperti-india
Seorang pasien Covid-19 tengah menerima perawatan dengan tabung oksigen di dalam ambulans, sementara pasien Covid-19 lainnya terbaring di tempat tidur tambahan yang diletakkan di beranda sebuah rumah sakt di Kathmandu, Nepal, Kamis (6/5/2021). (Sumber: AP Photo/Niranjan Shrestha)

KATHMANDU, KOMPAS.TV – Nepal, negara tetangga India, terancam mengalami krisis Covid-19 seperti yang dialami India jika tidak berhati-hati. Peringatan ini disampaikan oleh para dokter di Nepal pada Jumat (7/5/2021) seiring kasus penularan Covid-19 yang terus melonjak di tengah kelangkaan tempat tidur dan oksigen di rumah sakit.

Melansir The Associated Press, Nepal mencatat 9.070 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi pada Kamis (6/5/2021). Jumlah ini sangat banyak dibandingkan pada bulan lalu yang hanya mencapai 298 kasus.

Angka kematian akibat Covid-19 juga mencapai jumlah tertinggi pada Rabu (5/5/2021) sebanyak 58 orang dan 54 orang pada Kamis (6/5/2021). Sejak pandemi, jumlah total kematian tercatat sebanyak 3.529 orang.

Baca Juga: Krisis Covid-19 di India, Tiga Orang Ditangkap Setelah Jual Tabung Oksigen Palsu

“Saat ini tidak tersedia tempat tidur di rumah sakit manapun yang menangani pasien Covid,” ujar Dr. Jyotindra Sharma, kepala Rumah Sakit untuk Pengobatan Lanjutan Bedah di Kathmandu.

“Bahkan jika ada tempat tidur kosong pun, oksigen sangat langka dan kita tidak sedang berada di puncak krisis.”

Di rumah sakit yang menjadi salah satu fasilitas terdepan di Nepal dalam menangani pasien Covid-19 itu, sejumlah tempat tidur tambahan disesaki oleh lebih banyak pasien. Seluruhnya terisi, dan satu-satunya cara untuk mendapat tempat tidur adalah melalui daftar tunggu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:40
TINJAU VAKSINASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN, WAPRES TEGASKAN PEMERINTAH INGIN PERCEPAT “HERD IMMUNITY”   WAPRES MA'RUF AMIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 MASSAL YANG DIGELAR DI SPORT CENTER, TANGERANG SELATAN   TIM DENSUS 88 TANGKAP 13 TERDUGA TERORIS DI RIAU YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI JARINGAN JEMAAH ISLAMIYAH   PEMKAB PONOROGO BERKOLABORASI DENGAN KEMENSOS UNTUK ATASI MASALAH DISABILITAS INTELEKTUAL    POLISI SEBUT KELUARGA MUSISI ANJI MENGAJUKAN REHABILITASI TERKAIT PENYALAHGUNAAN NARKOBA    POLISI SEBUT MUSISI ANJI MENGAKU MENGONSUMSI NARKOBA SEJAK SEPTEMBER 2020    MUSISI ANJI JADI TERSANGKA KASUS NARKOBA DAN TENGAH DITAHAN DI RUTAN MAPOLRES JAKARTA BARAT    ICW: HUKUMAN JAKSA PINANGKI SEHARUSNYA DIPERBERAT, KARENA TERLIBAT KORUPSI SUAP DAN PENCUCIAN UANG   ICW: PEMANGKASAN VONIS HUKUMAN PINANGKI SIRNA MALASARI OLEH PENGADILAN TINGGI JAKARTA RUSAK AKAL SEHAT PUBLIK    TIGA VARIAN VIRUS KORONA YANG DITEMUKAN DI JAKARTA ASAL INGGRIS, BETA ASAL AFRIKA SELATAN, DAN DELTA ASAL INDIA    KADINKES DKI WIDYASTUTI MENYATAKAN SAAT INI SUDAH DITEMUKAN TIGA VARIAN BARU VIRUS KORONA DI JAKARTA    PT FREEPORT INDONESIA MULAI VAKSINASI COVID-19 UNTUK 38.000 KARYAWAN BESERTA KELUARGA    PEMKAB MADIUN EVAKUASI 89 WARGA DESA BANTENGAN DAN MOJOPURNO YANG POSITIF KORONA KE RSUD DOLOPO    SEBANYAK 89 WARGA DARI 2 DESA DI KECAMATAN WUNGU, MADIUN, POSITIF COVID-19 SETELAH HADIRI HAJATAN PERNIKAHAN