Kompas TV olahraga kompas sport

Wacana Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Ini Sikap dari Persib Bandung

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 22:00 WIB
wacana-liga-1-2021-tanpa-degradasi-ini-sikap-dari-persib-bandung
Direktur PT PBB, Teddy Tjahyono, saat diwawancarai wartawan di Graha Persib, Kota Bandung, Rabu (31/03/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama

BANDUNG, KOMPAS.TV - Persib Bandung menyatakan sikap tidak setuju terkait wacana Liga 1 2021 digelar tanpa degradasi.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, mengatakan bahwa pihaknya menolak usulan tidak diadakannya sistem degradasi di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Menurut Teddy Tjahyono, menghilangkan sistem degradasi dalam sebuah kompetisi telah mencoreng dua prinsip dasar kompetisi yaitu sporting merit dan integrity.

Konsep meritokrasi, asas yang mengacu kepada prestasi di atas lapangan, serta integritas memang dijunjung tinggi dalam olahraga.  

Baca Juga: Pelatih Persib Tegaskan Liga 1 Harus Bergulir Jika Tak Ingin Indonesia Tertinggal dari Negara Lain

Menurutnya lagi, induk sepak bola dunia FIFA maupun induk sepak bola Asia AFC sudah mengatur dengan jelas terkait asas sporting merit dan integrity dalam kompetisi.

"Kami sangat menolak kompetisi Liga 1 tanpa degradasi. Prinsip dasar dari kompetisi yaitu, sporting merit dan integrity harus dijalankan," kata Teddy dilansir dari Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

"Statuta FIFA dan AFC mengatur dengan sangat jelas mengenai sporting merit dan integrity," ucapnya melanjutkan.

Keputusan terkait penghapusan sistem degradasi di Liga 1 2021 sendiri telah diputuskan dalam rapat exco PSSI.

Baca Juga: Persebaya Terus Mempersiapkan Diri Jelang Liga 1

Penghapusan sistem degradasi di Liga 1 2021 ini merupakan usulan dari klub-klub yang finansialnya terdampak akibat pandemi virus corona.

Terkait hal itu, Teddy tidak mau berkomentar mengenai klub lain dan hanya ingin PT LIB selaku operator kompetisi untuk mempertimbangkan prinsip sporting merit dan integrity sebelum mengambil keputusan.

"Saya tidak ingin berkomentar mengenai klub lain. Tapi PSSI atau PT LIB harus menegakan prinsip dasar kompetisi yaitu sporting merit dan integrity. Sporting merit and integrity diatur jelas kok di FIFA dan AFC," ujar Teddy menegaskan.

Meski nanti di Liga 1 2021 tak ada degradasi, namun PSSI tetap memberikan jatah promosi kepada dua tim terbaik di Liga 2.

Baca Juga: Ketum PSSI: Liga 1 Tetap Sesuai Rencana, Bergulir 3 Juli

Jadi nantinya, kompetisi Liga 1 pada musim 2022 akan diikuti oleg 20 tim yang sebelumnya hanya 18 tim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.