Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Kotak Amal Digital, Warga Bisa Sedekah Secara Online

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 20:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa di Jember Jawa Timur menciptakan aplikasi sistem kotak amal digital atau sedekah online melalui smartphone. Selain praktis dan aman, aplikasi itu dapat mengurangi kontak fisik di masa pandemi corona.

Aplikasi itu diinisiasi oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam generasi indonesia dan di bawah binaan Bank Indonesia Jember Jawa Timur. Aplikasi ini merupakan terobosan baru untuk beramal dan bersedekah melalui smartphone.

Cara operasi kotak amal digital melalui barcode khusus yang terpasang dalam sistem aplikasi smartphone. Warga bisa mengisi sejumlah kolom nominal atau jumlah bantuan yang diinginkan. Aplikasi itu tersambung langsung dengan rekening pemberi bantuan.

Salah satu mahasiswa, Amalia mengatakan bahwa beramal dan bersedekah secara online itu dapat mengurangi kontak langsung baik dengan orang maupun dengan benda sehingga sangat cocok digunakan saat pandemi Covid-19.

Aplikasi itu sudah diterapkan di 5 masjid yang ada di Kota Jember, seperti Masjid Al Hikmah Universitas Jember dan Masjid Assalam Jalan Semeru. Dengan kotak amal digital, sedekah lebih mudah, karena tidak harus menggunakan uang tunai. Jika tertarik, aplikasi ini dapat didownload secara gratis.

 

#KotakAmalDigital #SedekahOnline #Masjid #Mahasiswa #BankIndonesia #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x