Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Kotak Amal Digital, Warga Bisa Sedekah Secara Online

Jumat, 7 Mei 2021 | 20:58 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa di Jember Jawa Timur menciptakan aplikasi sistem kotak amal digital atau sedekah online melalui smartphone. Selain praktis dan aman, aplikasi itu dapat mengurangi kontak fisik di masa pandemi corona.

Aplikasi itu diinisiasi oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam generasi indonesia dan di bawah binaan Bank Indonesia Jember Jawa Timur. Aplikasi ini merupakan terobosan baru untuk beramal dan bersedekah melalui smartphone.

Cara operasi kotak amal digital melalui barcode khusus yang terpasang dalam sistem aplikasi smartphone. Warga bisa mengisi sejumlah kolom nominal atau jumlah bantuan yang diinginkan. Aplikasi itu tersambung langsung dengan rekening pemberi bantuan.

Salah satu mahasiswa, Amalia mengatakan bahwa beramal dan bersedekah secara online itu dapat mengurangi kontak langsung baik dengan orang maupun dengan benda sehingga sangat cocok digunakan saat pandemi Covid-19.

Aplikasi itu sudah diterapkan di 5 masjid yang ada di Kota Jember, seperti Masjid Al Hikmah Universitas Jember dan Masjid Assalam Jalan Semeru. Dengan kotak amal digital, sedekah lebih mudah, karena tidak harus menggunakan uang tunai. Jika tertarik, aplikasi ini dapat didownload secara gratis.

 

#KotakAmalDigital #SedekahOnline #Masjid #Mahasiswa #BankIndonesia #Jember

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:45
ANGGOTA KOMISI I DPR SUKAMTA MINTA PEMERINTAH HENTIKAN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN AFILIASI JUNTA MILITER MYANMAR   PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JENJANG PAUD DAN SD MULAI DIBUKA SENIN, 21 JUNI 2021   â€œROAD BIKE” DILARANG MELINTAS DI JALAN LAYANG NONTOL (JLNT) KAMPUNG MELAYU-TANAH ABANG MULAI MINGGU, 20 JUNI 2021   KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA TETAPKAN 21 PAROKI YANG DIPERTIMBANGKAN SEBAGAI ZONA MERAH DAN ZONA ORANYE COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA MINTA PAROKI DI ZONA MERAH HENTIKAN MISA “OFFLINE” ATAU TATAP MUKA   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RUTAN KPK KEMBALI MEMBERLAKUKAN KUNJUNGAN DARING MULAI 18 JUNI 2021   MENSOS TRI RISMAHARINI SARANKAN 11.000 PEKERJA MIGRAN ASAL SULBAR YANG DATANG DARI MALAYSIA LANGSUNG DIPULANGKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN SELURUH KEGIATAN DI JAKARTA HARUS TUTUP PUKUL 21.00 WIB   SIDAK MALAM KE KAWASAN KEMANG, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: KITA TEMUKAN PENGELOLA TAK BERTANGGUNG JAWAB   BARU BUKA SATU HARI, TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN TELAH MENERIMA 662 PASIEN COVID-19   PERHIMPUNAN DOKTER PARU: JIKA PPKM SKALA BESAR TAK DILAKUKAN, FASILITAS KESEHATAN BISA KOLAPS   WISMA ATLET KEMAYORAN HANYA MENERIMA PASIEN COVID-19 YANG BERGEJALA DENGAN KOMORBID ATAU PENYAKIT PENYERTA    DINKES KOTA BEKASI: PESERTA VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, DINKES KOTA BEKASI TAMBAH SATU AULA ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA